Caketum Golkar Ramai Ramai Mundur

by -
WargaMUSYAWARAH: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sambutan dalam acara musyawarah nasional Partai Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, kemarin.

METROPOLITAN Sejumlah bakal calon Ketua Umum Partai Golkar diisukan akan mundur secara ramai-ramai. Jika sebagai besar bakal calon tersebut mundur, panitia Munas X Golkar mengatakan pemilihan Ketum Golkar bisa dilakukan secara aklamasi.

“Kalau musyawarah mufakat dan tidak ada calon yang maju, berarti kan otomatis itu aklamasi. Tidak ada pemilihan, aklamasi,” kata Ketua Pelaksana Munas Golkar, Adies Kadir, di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2019).

Adies mengatakan hingga saat ini calon paling kuat adalah petahana Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Dia berharap Munas bisa berjalan secara aklamasi.

“Kita lihat sampai saat ini kan yang calon yang sangat kuat masih Pak Airlangga Hartarto. Kalau Pak Bambang Soesatyo sudah menyatakan mundur demi kepentingan partai, kalau tidak salah alasannya untuk Pemilu 2024 dan Pilkada 2020, beliau menyatakan mundur,” ujarnya.

“Mudah-mudahan nanti bisa berjalan dengan baik dan bisa aklamasi sesuai musyawarah mufakat,” sambungnya.

Adies juga menilai hingga saat ini masih ada lobi-lobi antar calon ketum yang masih bertahan. Dia mendengar ada beberapa calon yang akan mundur.

“Sepengetahuan kami sampai saat ini masih dilakukan lobi-lobi negosiasi, namanya partai kami musyawarah mufakat, jadi Insyaallah kita akan melihat ya sampai dengan lihat jam pembukaan,” ucap Adies.

“Tadi Pak Bamsoet sudah mundur, saya juga mendengar calon-calon yang akan mengundurkan diri,” imbuhnya. Sebelumnya, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mundur dari pencalonan Ketua Umum Partai Golkar, setelah bertemu dengan sejumlah senior Golkar, salah satunya Luhut Binsar Pandjaitan. Bamsoet mengaku tak bisa melawan senior.

“Untuk jaga persatuan dan mendengarkan saran, pendapat, nasihat senior. Saya tidak bisa lawan nasihat senior saya,” kata Bamsoet saat ditanya alasannya mundur di Kemenko Kemaritiman, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (3/12).

Selain itu, salah satu bakal calon ketua umum Partai Golkar, Indra Bambang Utoyo juga mengatakan akan mundur dari pemilihan ketum dalam gelaran Munas X. Sementara, ada 4 nama yang sudah mendaftar dan dipastikan tidak bisa ditetapkan sebagai bakal calon ketua umum.

Komite Pemilihan Munas Golkar Maman Abdurahman mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat internal semalam. Mereka memvalidasi prasyarat-prasyarat administrasi untuk menjadi bakal caketum.

“Dari 9 nama yang mendaftar, ada 4 nama yang memang belum memenuhi syarat,” kata Maman saat dihubungi, Selasa (3/12). (de/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *