Dibalut Nuansa Serba Putih, Dimakamkan di Samping Orang Tua

by -3K views
KHIDMAT: Prosesi pemakaman taipan Ciputra di Jonggol berlangsung khidmat.

METROPOLITAN – Proses pemakaman Taipan Properti, Ir Ciputra, berlangsung khidmat, kemarin. Proses pemakaman dilakukan di tempat pemakaman keluarga di Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor. Almarhum dikebumikan dekat dengan makam kedua orang tuanya.

NUANSA serba putih menyelimuti pemakaman pemimpin sekaligus pendiri Ciputra Group tersebut. Ratusan tamu pelayat, termasuk anggota keluarga, karyawan Grup Ciputra serta rekan Ciputra, memenuhi tenda pemakaman yang bernuansa putih dan cukup megah di kawasan peristirahatan terakhir keluarga Ciputra. Mereka juga mengenakan pakaian berwarna putih.

Jenazah memasuki kompleks pemakaman sekitar pukul 10:23 WIB. Jajaran direksi dan general manager Grup Ciputra berdiri berjajar menyambut iring-iringan jenazah sembari menaburkan bunga. Prosesi jenazah menuju tenda utama juga turut diiringi marching band.
Almarhum Ciputra sendiri dimakamkan dekat dengan makam kedua orang tuanya yang juga berada di pemakaman keluarga.

Di area ini terdapat tujuh makam anggota keluarga, yakni Tjie Siem Poe dan Lie Eng Nio (ayah dan ibu dari almarhum Ciputra), Sia Sui Hok dan Kho Liem Nlio yang merupakan kedua orang tua dari Dian Sumeler.

Sementara tiga makam lainnya terletak di sisi utara, yakni saudara Ciputra, Bayan Akochi (Tjie Tjin Hok) dan kerabatnya serta makam bibi dari Dian Sumeler. Kawasan ini merupakan area pemakaman khusus keluarga dengan luas sekitar 4 hektare (ha).

“Kami juga secara khusus mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia, para pejabat, tokoh-tokoh nasional dan para sahabat dari almarhum yang tak mungkin saya sebut satu per satu atas doa yang dipanjatkan kepada almarhum,” kata putra almarhum, Candra Ciputra.

Chairman dan Founder Grup Ciputra itu meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11) pukul 01:05 waktu Singapura. Menurut putri sulung Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata, sang ayah meninggal karena faktor usia. Ciputra atau yang akrab dipanggil Pak Ci lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931. Ia adalah seorang insinyur dan pengusaha properti di Indonesia. Ia terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses dengan kelompok usaha, antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group. (tem/viv/rez/run)

Loading...