DISKUSI BERSAMA MASYARAKAT PARUNGPANJANG Forkomastas Bahas Trantib Linmas Wilayah Perbatasan

by -20 views
DISKUSI: Suasana dis-kusi Forkomastas Provinsi Jawa Barat dan Banten di aula Kecamatan Parungpanjang, kemarin.

METROPOLITAN – Forum Komunikasi Masyarakat Daerah Perbatasan (Forkomastas) Provinsi Jawa Barat dan Banten, menggelar diskusi dengan berbagai elemen masyarakat dari dua wilayah provinsi, khususnya masyarakat Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Kecamatan Parungpanjang, kemarin.

Laporan: Nasir

Kegiatan diskusi Forkomaspas Jabar – Banten tersebut dilakukan sebagai upaya konsolidasi untuk peningkatan dan penguatan pemeliharaan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat (Trantib Linmas) di wilayah perbatasan. Hadir dalam kegiatan tersebut, Satpol PP Provinsi Jawa Barat dan Satpol PP Kabupaten Bogor, muspika Parungpanjang, Muspika Legok Kabupaten Tangerang serta beberapa perwakilan unsur elemen masyarakat dari kedua wilayah.

Kepala Seksi Deteksi Dini Bidang Trantib Satpol PP Provinsi Jabar, Ukun Kundarsyah mengatakan, upaya pemeliharaan trantib linmas bukan hanya menjadi tugas aparatur institusi pemerintah seperti TNI, Polri ataupun Satpol PP. Namun juga dibutuhkan partisipasi dari semua elemen masyarakat secara umum.

“Jadi substansi itu yang dibahas dan didiskusikan dalam pertemuan ini.” kata Ukun kepada Metropolitan.

Pantauan Metropolitan, acara diskusi berlangsung hangat karena banyaknya keluhan dan usulan masyarakat terkait penanganan masalah usaha galian tambang serta kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Warga berharap, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten dapat melakukan penertiban dan pengaturan usaha galian serta transportasi tambang.

“Pemerintah harus bisa melakukan penertiban usaha galian tambang serta angkutan tambang. Ini masalah sudah puluhan tahun, kenapa seperti dibiarkan? Harus segera ada penertiban agar tidak ada konflik sosial dan situasi trantib linmas bisa kondusif,” ujar warga Tb Ule Sulaeman. (sir/b/els)

Loading...