EMaal Buatan Mahasiswa IPB Raih Juara 2

by -19 views
NOVATIF: Tiga mahasiswa IPB University men-ciptakan aplikasi EMaal dan berha-sil meraih juara dua. IST/METROPOLITAN

METROPOLITAN Keberadaan pencari sumbangan pembangunan masjid di jalanan menimbulkan keprihatinan. Mereka kerap berhadapan dengan bahaya seperti kecelakaan, padahal tugasnya begitu luhur. Hal itu mendorong tiga mahasiswa IPB University, Atfi Indriany Putri, Fadillatul Hasanah, dan Kresna Bhayu Adelta menciptakan EMaal. Ini adalah aplikasi crowdfunding untuk pembangunan masjid.

Salah satu mahasiswi, Fadillatul, mengungkapkan ide pembuatan EMaal terinspirasi dari banyaknya pencari sumbangan pembangunan masjid di jalanan di daerahnya. Aksi tersebut tidak jarang menimbulkan masalah seperti kemacetan.

“Selain membuat macet, tidak jarang juga aksi ini menimbulkan kecelakaan yang disebabkan yang meminta sedekah kurang hati-hati saat mengambil uang dari pengendara yang lewat,” ujar Fadillatul.

Aplikasi EMaal dihadirkan untuk memudahkan pengumpulan dana pembangunan masjid dan mushola di seluruh Indonesia. Tiga mahasiswa ini mengaku aplikasi crowdfunding memang sudah banyak, tetapi kebanyakan ditujukan untuk membantu korban bencana atau pasien penderita penyakit serius.

“EMaal merupakan suatu aplikasi penggalangan dana khusus yang diharapkan dapat memudahkan atau memungkinkan pihak donatur dengan penerima donasi dapat bekerja sama untuk mendukung pembangunan masjid atau mushola di suatu daerah yang sulit dijangkau,” ujar Kresna.

Kresna mengatakan lewat aplikasi ini, para panitia pembangunan masjid atau musala dapat memasang iklan. Langkah tersebut memudahkan calon donatur dalam memberikan bantuan.

” Pihak donatur yang ingin memberi bantuan agar dapat langsung menunjukkan kepada pihak mana bantuan akan diberikan,” kata Kresna.

Aplikasi ini mengantarkan ketiga mahasiswa tersebut meraih juara 2 pada Creative Generation Youthneurship in Industry Revolution 4.0 Era oleh UKM-F (Unit Kegiatan Mahasiswa) Universitas Lampung.

“Alhamdulillah bersyukur, tidak nyangka bakal menang. Kami harap aplikasi ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata,” kata Alfi. (dre/els)

Loading...