Gelombang Baru dalam Dunia Kesehatan Digital

by -

METROPOLITAN – Dunia sedang memasuki era Revolusi Industri 4.0, yaitu era yang merupakan periode perkembangan baru ketika beberapa teknologi yang meliputi teknologi fisik, teknologi digital dan teknologi biologis. Masing-masing telah mencapai perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada bidangnya masing-masing. Ketiga teknologi tersebut merupakan pendorong teknologi utama atau yang paling mendasar untuk Revolusi Industri 4.0.

Teknologi digital memiliki pengaruh yang cukup besar yang dimungkinkan dapat meningkatkan sebagian besar inovasi dan kemajuan yang datang dengan gelombang Revolusi Industri 4.0. Teknologi ini dapat menghubungkan seluruh dunia secara digital. Salah satu aspek yang mewujudkan  teknologi digital adalah Internet of Things (IoT). Kehadiran teknologi di era revolusi industri 4.0 dapat menjadikan seluruh pekerjaan serba cepat atau dengan kata lain hanya memakan waktu singkat. Proses kerja yang dulunya ditangani secara manual kini dapat mudah dikelola secara otomatis. Proses kerja yang dulunya memakan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari kini dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Berikut ini manfaat kesehatan digital:

Menghemat Waktu
Sekarang, para pasien dapat membuat janji untuk bertemu dokter sambil duduk di sofa dan bertemu langsung dengan dokter tersebut pada jam yang telah ditentukan.

Konsultasi Lebih Mudah

Kini Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda kapanpun dan dimanapun saat anda membutuhkan solusi mengenai masalah kesehatan yg sedang anda alami.

Menghemat Pengeluaran
Terdapat manfaat keuangan yang cukup besar dari sebuah sistem layanan kesehatan yang baik. Sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat menemukan bahwa konsumen menunggu 1,1 miliar jam sebelum mendapatkan perawatan oleh dokter. Ini menyebabkan kerugian pendapatan sebesar US$ 52 miliar bagi para konsumen tersebut. Dari jumlah total 121 menit yang setiap pasien habiskan untuk mengunjungi dokter, 37 menit dihabiskan di perjalanan, 64 menit dihabiskan menunggu atau mengisi formulir, dan hanya 20 menit dihabiskan untuk benar-benar bertemu dengan sang dokter. (kholisoh/stikim)

One thought on “Gelombang Baru dalam Dunia Kesehatan Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *