Guruhawan Penyambung Silaturahmi Guru se-Kota Bogor

by -

METROPOLITAN – Ribuan guru yang tergabung dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bogor, tumpah ruah di Lapangan Manunggal, Kecamatan Tanahsareal, Sabtu (14/12). Mereka mengikuti gerak jalan sehat Guruhawan dalam rangkaian acara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-74 tingkat Kota Bogor.

Ketua PGRI Kota Bogor, H Basuki, menjelaskan, jalan sehat ditunggu para guru, mulai dari TK hingga SMA/SMK. Di acara ini mereka bisa berbaur menjadi satu di arena Guruhawan ini sambil bersilaturahim dengan sesama pengajar lainnya.

“Alhamdulillah, Guruhawan diikuti 6.000 orang. Ini memang tidak semua ikut, mungkin sebagian guru ada yang berhalangan hadir, tapi ini sudah lebih dari 70 persen dari jumlah guru di Kota Bogor, yang keseluruhannya lebih 8.000 orang,” kata Basuki.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fachrudin, menyambut baik penyelenggaraan jalan sehat Guruhawan ini karena jadi momentum dalam mempererat tali silaturahmi antar sesama guru. “Ini momen yang luar biasa,” ungkapnya.

Fachrudin mengaku senang melihat begitu ceria dan bahagianya para guru. Mereka nampak akrab dengan sesama guru dari berbagai sekolah. Di perjalanan mereka saling sapa dan ini menunjukkan betapa hebatnya acara gerak jalan Guruhawan ini. “Jadi momen penting bagi para guru dalam menyambung tali silaturahmi,” kata Fachrudin.Selain gerak jalan, peserta Guruhawan juga berolahraga bersama

“Tadi, saya lihat para guru nampak bahagia sekali, sambil jajan di jalanan, mereka tetap kompak, bersama-sama berolahraga dengan berjalan kaki sejauh 4empatkilometer.Jadi, selain bersilaturahmi dan menyehatkan badan, saya juga jadi tahu bagaimana karakteristik dari semua guru ini” papar Fachrudin.

Sekretaris PGRI Jawa Barat Dede Amar, yang hadir dalam acara itu, menyambut baik gerak jalan sehat para guru yang dikemas dalam acara Guruhawan PGRI ini. Menurut dia, acara ini tidak ada di kota dan kabupaten lain di Jawa Barat.

“Karena acara ini sangat bagus, maka saya akan mengadopsi gerak jalan sehat Guruhawan ini, ke tingkat Jawa Barat agar guru se-Jawa Barat, bisa melaksanakan juga kegiatan Guruhawan ini, di daerahnya masing masing.” kata Dede.

Gerak jalan sehat Guruhawan PGRI tahun 2019, menyediakan berbagai hadiah hiburan dan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor. Guru SMP PGRI 8 Kota Bogor, Rohanah yang berhasil membawa pulang hadiah utama tersebut. (ber/ar/els)

Loading...