Harusnya Menang Mudah

by -

METROPOLITAN – Peluang Timnas Indonesia U-22 lolos ke putaran semifinal SEA Games 2019 cukup besar. Pasalnya, tim yang akan dihadapi di putaran kelima Grup B SEA Games U-22 adalah Laos. Notabennya, tim yang berada di posisi keempat di bawah Skuad Garuda Muda.

Laos sendiri baru mengkoleksi empat poin dengan sekali menang, satu seri dan dua kali mengalami kalah pada kualifikasi SEA Games 2019 U-22. Sementara, Timnas Indonesia sudah mengantongi sembilan poin dengan tiga kali kemenangan dan satu kali kekalahan. Jika melihat statistik, tentunya Skuad Garuda Muda diunggulkan menang mudah saat menghadapi Laos dan bisa lolos ke putaran semifinal.

Namun demikian, anak asuh Indra Sjafri tentu harus berjuang mati-matian pada laga pamungkas yang akan digelar di Stadion Rizal Memorial, hari ini. Sebab, jika gagal, maka Egy Maulana dkk harus menunggu hasil dari pertandingan antara Vietnam vs Thailand.

Bahkan, bukan tidak mungkin penentuan dua tim yang lolos ke semifinal ditentukan oleh selisih gol dari kedua tim. Saat ini, Timnas U-22 Indonesia memiliki selisih gol +11 dengan poin 9, Vietnam +13 dengan poin 12 dan Thailand +10 dengan poin 9.

Menanggapi hal itu, Indra Sjafri mengaku sudah menyiapkan strategi untuk bisa membawa tim asuhannya memenangi laga kontra Laos dan lolos ke semifinal. Untuk bisa meraih tiket ke semifinal, ia berharap anak asuhnya bisa mencetak lebih dari dua gol dan tanpa kebobolan, sembari berharap Thailand kalah atau diimbangi Vietnam.

“Saya belum bisa menjadi peramal. Yang jelas, kami akan menyiapkan tim sebaik mungkin. Makanya dari 20 pemain yang kami bawa ini kualitasnya sama, jadi tak ada yang berbeda,” kata Indra Sjafri.

“Siapapun yang bermain besok Kamis, akan membawa dampak positif. Yang penting kami menang. Kalau ingin aman betul ya menang lebih dari dua gol karena Thailand juga harus mengejar Vietnam,” sambung pelatih asal Sumatra Barat itu.

Meski demikian, Indra Sjafri tak mau menganggap laga terakhir anak asuhnya melawan Laos di Grup B SEA Games 2019 sebagai partai hidup mati. “Bagi saya, tidak ada partai hidup mati di sepak bola. Yang penting, mohon doa agar kami bisa menang,” ucap dia.

Baginya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari pertandingan melawan Laos, meski timnya memiliki misi harus menang demi memastikan lolos ke semifinal. Bahkan, dirinya tidak mau menganggap tekanan yang datang kepada timnya sebagai beban.

“Yang jelas, kami menyiapkan tim sebaik mungkin,” tutup Indra.(ayo/bol/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *