Horee, KUA Bogor Bakal Terbitkan Kartu Nikah, Ini Fungsinya

by -26 views

METROPOLITAN.id – Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Bogor bakal segera mengeluarkan Kartu Nikah untuk para pengantin. Kartu Nikah ini berguna untuk memudahkan pasangan suami istri (pasutri) yang ingin berpergian.

Staf Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, pada KUA Kabupaten Bogor, Entus Hilman Mutakin mengatakan, ke depan, pasutri tidak perlu repot-repot lagi membawa buku nikah jika ingin bepergian. Mereka bisa membawa Kartu Nikah sebagai bukti telah menikah.

“Cukup dengan membawa kartu nikah saja, karna kartu itu sudah mewakili buku nikah,” kata Entus.

Kartu Nikah jelas lebih fleksibel karena ukurannya lebih kecil selayaknya kartu pada umumnya. Sementara jika membawa buku nikah, dikhawatirkan rusak atau sobek karena berbentuk kertas.

Entus menjelaskan, secara umum kebijakan Kartu Nikah ini ditargetkan dapat terealisasi pada Desember 2018. Bahkan saat ini, dua KUA yakni di Kecamatan Ciawi dan Ciampea sudah mulai pengadaan program tersebut.

“Secara umum sudah mulai berjalan, tapi kalau untuk di Kabupaten Bogor baru pengadaannya. Dalam beberapa waktu ke depan insyaallah akan diresmikan, khususnya di dua KUA tadi,” terangnya.

Menurutnya, tidak ada syarat khusus untuk memperoleh Kartu Nikah. Pengantin yang baru menikah akan secara otomatis mendapat kartu tersebut bersama buku nikah.

“Proses pembuatannya secara otomatis, bagi siapa saja yang menikah langsung bisa dapat Kartu Nikah, tapi tunggu semua perlengkapan ready dulu. Jadi nanti dapat buku nikah dan kartu nikah setelah sah jadi suami istri,” ujar Entus.

Saat ini, KUA Kabupaten Bogor memiliki stok Kartu Nikah sebanyak 34 ribu. Kartu Nikah tersebut nantinya bakal diperuntukkan bagi mereka yang baru saja melakukan pernikahan. (ogi/a/fin)

Loading...