Indonesia Butuh Mental, Vietnam Punya ’Pede’

by -
EVAN DIMAS

METROPOLITAN – Laga Final SEA Games 2019 U-22 akan mempertemukan Indonesia melawan Vietnam.
Dalam laga ini Indonesia memerlukan mental yang tinggi. Sementara Vietnam punya catatan apik selama bertemu skuat Garuda Muda belakangan ini. Selama dua kali pertemuan, Indonesia belum memetik kemenangan dari Evan Dimas cs.

Baru-baru ini, Timnas Indonesia takluk 1-2 di babak penyisihan Grup B SEA Games 2019. Kemudian Timnas U-22 Vietnam juga mengalahkan Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 dengan skor 1-0 pada 26 Maret 2019.

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono, mengajak rekan setimnya menyiapkan mental jelang laga final melawan Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12).

”Ini mungkin pengalaman tahun 2017 saja dan pengalaman itu dari segi mental, karena kami sudah masuk final,” kata Evan Dimas.

Evan berharap rekan-rekannya melupakan pertandingan yang sudah mereka lewati dan menatap optimistis laga melawan Vietnam di partai Final SEA Games 2019.

”Lupakan pertandingan kemarin. Fokus ke depan dan banyak bersyukur,” ucap pemain yang pernah memperkuat Selangor FC tersebut. Evan menjadi salah satu pemain senior yang dipilih memperkuat Garuda Muda di SEA Games kali ini. Pemain Barito Putera itu cukup berpengalaman tampil di pesta olahraga dua tahunan itu.

Evan juga merupakan salah satu pemain yang diandalkan di SEA Games 2019 dan mampu menjadi kunci permainan Timnas U-22 di ajang olahraga terbesar Asia Tenggara dua tahunan tersebut. Selain menjadi metronom di lini tengah, Evan juga sering muncul sebagai pemecah kebuntuan. Itu dibuktikan lewat torehan dua gol saat Indonesia menyingkirkan Myanmar di semifinal, Sabtu (7/12).

Sementara itu, Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri meminta anak asuhnya tidak membuat banyak kesalahan saat meladeni Vietnam pada Final SEA Games 2019. Peringatan itu diberikan Indra karena laga melawan Vietnam jadi penentu berhasil atau tidaknya Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas SEA Games 2019.

Tim Garuda Muda terakhir kali jadi yang terbaik pada SEA Games 1991 di Manila.

”Pertandingannya akan sangat seru dan ketat. Saya minta pemain fokus dan tidak membuat banyak kesalahan,” ujar Indra seperti dikutip dari situs resmi PSSI. (cnn/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *