IPSM Gembleng Tunanetra Soal Ibadah di KNPI

by -13 views
DILATIH: Sebanyak 23 penyandang tunanetra dari Kabupaten Bogor digembleng oleh jajaran IPSM di gedung KONI, kemarin

METROPOLITAN – 23 penyandang tunanetra yang berasal dari Kabupaten Bogor, digembleng pelatihan kerohanian dan keagamaan, oleh jajaran Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM). Acara yang berlangsung di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor, sejak Minggu (03/11) hingga Senin (16/12), mengajarkan kepada penyandang tunanetra tentang tatacara menulis dan membaca Al-Qur’an dengan huruf braille.

Tak hanya itu, para tunanetra juga diajarkan sejumlah tata cara praktek ibadah, hingga doa sehari-hari sebagai landasan dasar dalam melaksanakan ibadah kepada sang pencipta.

Ketua Umum IPSM Jawa Barat, Eka Wardana, mengatakan, kegiatan kolaborasi antara IPSM Jawa Barat dengan IPSM Kabupaten Bogor ini, tak lain untuk memberikan bekal kepada para penyandang tunanetra dari segi rohani dan keagamaan.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian IPSM dan ingin membuktikan, jika mereka yang berkebutuhan khusus juga mampu berkarya dan memberikan kontribusi kepada orang banyak,” kata Eka.

Menurutnya, penciptaan sebuah karya tidak mesti selalu dengan fisik yang sempurna. Dengan keterbatasanpun, semua mampu berinovasi dan berkarya.

“Jadi jangan berkecil hati,” bebernya.

Senada, Ketua Umum IPSM Kabupaten Bogor, Dian menjelaskan, kegiatan diselenggarakan pihaknya dengan dana yang berasal dari gotong royong dan swadaya pengurus IPSM se-Kabupaten Bogor. Bahkan, pengurus IPSM yang berasal dari 40 kecamatan, rela berjaga bergantian dan menfasilitasi 23 peserta selama jalannya pelatihan.

“Hari ini yang bertugas IPSM Kecamatan Ciampea, nanti besok beda kecamatan lagi. Mereka yang masak, mereka yang mengurusi peserta, jadi semua pengurus yang tangani,” jelasnya.

Dian berharap, dengan adanya kegiatan ini pemerintah Kabupaten Bogor dapat lebih memperhatikan nasib masyarakat. Khususnya mereka yang berkebutuhan khusus.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semuanya. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menumbuhkan kembali jiwa sosial mereka untuk dapat beraktivitas seperti sedia kala,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor, Fikri Ihsani, mengaku, mendukung penuh kegiatan-kegiatan sosial seperti ini.

“Selama itu positif, kami dari unsur pemuda akan selalu mensuportnya,” singkat Fikri. (ogi/c/yok)

Loading...