Jakarta Tangerang Bekasi Jadi Penyumbang Sampah Terbanyak

by -
MEMULUNG: Pemulung mencari barang bekas di tumpukan sampah.

METROPOLITAN – JAKARTA Kepala LIPI Dr. Laksana Tri Handoko menyebut volume sampah laut di Indonesia mencapai 0,27-0,9 juta ton setiap tahunnya. Dari angka tersebut, Handoko mengatakan, Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, menjadi wilayah penyumbang sampah laut terbanyak.

“Kalau yang paling besar (sampah laut) jelas di wilayah padat penduduk. Data kami itu di Tangerang, Jakarta, Bekasi meliputi sembilan muara sungai, dari Angke, macem-macem, itu ada sembilan. Itu memang paling dominan,” kata Handoko usai rapat peluncuran baseline data nasional sampah laut di Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta Pusat, Kamis (12/12)

Ia mengatakan, hingga saat ini, sampah laut di Indonesia masih didominasi oleh jenis sampah plastik seperti Styrofoam. Handoko menjelaskan, ada beberapa aktor yang menyebabkan tingginya angka sampah laut di Indonesia.

“Kalau (penyebab) ini kombinasi. Perilaku dan sistem dari pembuangan sampah kita yang belum bagus. Sehingga sampah tidak tertangani, sehingga sampah banyak yang terbuang ke laut,” tutur Handoko.

Untuk itu, kata Handoko, perlu ada perubahan perilaku dari masyarakat dan pengembangan teknologi pengolahan sampah yang lebih maju. Terlebih, kata dia, pemerintah sudah menetapkan target penurunan sampah laut sebesar 70 persen pada tahun 2025.

“Karena sesuai Rencana Aksi Nasional (RAN) pengelolaan sampah laut kita harus menurunkan sampai 70 persen pada 2025,” kata Handoko. (kmp/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *