Jelang Car Free Night Puncak, Menhub Minta Jalur Alternatif Dimaksimalkan

by -

METROPOLITAN.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turun langsung meninjau persiapan Car Free Night di Puncak Bogor, Senin (30/12). Didampingi Bupati Bogor Ade Yasin, Budi Karya mengecek langsung melalui Pos Polisi Gadog.

Budi Karya mengatakan, pemerintah ingin lalu lintas dari dan menuju Puncak berjalan dengan baik, khususnya saat pergantian tahun.

“Kami mengapresiasi langkah kepolisian untuk menerapkan car free night saat malam tahun baru. Tapi kepolisian juga harus menyediakan jalan-jalan alternatif ketika Jalan Raya Puncak ditutup saat pergantian tahun,” kata Budi Karya.

Menurutnya, agar tidak terjadi kemacetan parah, jalan-jalan alternatif harus dimaksimalkan.

“Ini juga sudah menjadi perhatian serius kepolisian,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli M Amri menjelaskan, saat malam tahun baru 2020, kepolisian akan memberlakukan malam tanpa kendaraan (car free night).

Car free night diberlakukan pada 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB. Pada waktu tersebut, Jalan Raya Puncak ditutup sementara bagi kendaraan roda empat.

Dalam pelaksanaan car free night, kepolisian menerapkan penyekatan hingga lima lapis untuk mengatasi kemacetan. Mulai dari Gadog hingga Riung Gunung.

Langkah itu dilakukan karena saat malam pergantian tahun biasanya banyak yang nongkrong-nongkrong di pinggir jalan dan menyebabkan kemacetan.

Fadli juga mengimbau pengguna jalan yang hendak menuju Cianjur saat car free night menggunakan jalur alternatif melalui Jonggol atau Sukabumi.

“Bagi yang hendak berlibur di kawasan Puncak saat malam pergantian tahun agar datang lebih awal. Jadi sebelum waktu yang ditetapkan untuk car free night, pengendara sudah di tujuan,” pungkas Fadli. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *