Jonggol Jadi Jalur Alternatif saat Puncak Ditutup

by -4 views
ALTERNATIF: Cibubur-Jonggol menjadi jalur alternatif yang dapat dilalui pengendara untuk ke Puncak saat malam pergantian Tahun Baru 2020.

METROPOLITAN – JONGGOL Sudah menjadi tradisi, setiap malam pergantian tahun kawasan Puncak dipadati pengunjung. Diprediksi, akan ada lebih dari 30 ribu kendaraan yang datang ke kawasan wisata di Kabupaten Bogor itu, untuk merayakan malam tahun baru 2019 nanti.

Untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan saat malam tahun baru nanti, Polres Bogor akan memberlakukan car free night di Jalur Puncak. Car free night ini akan menutup jalur Puncak Bogor dari arah Jakarta selama 12 jam.

Informasi dari Satlantas Polres Bogor, penutupan berlangsung mulai Selasa (31/12) sampai Rabu (1/1/2020), yakni dari pukul 18:00 WIB sampai pukul 06.00 WIB. Penutupan dilakukan dengan pemasangan road barrier.

Terkait dengan penutupan tersebut, Satlantas Polres Bogor menginformasikan jalur alternatif yang dapat dilalui pengendara untuk ke Puncak, yakni Cibubur-Cianjur via Jonggol.

Rute yang bisa dilalui mulai dari Cibubur menuju Cileungsi, lalu Jonggol Cariu, melewati Cikalong, tembus ke Cianjur. Jarak tempuh 86,1 km dan waktu tempuh 2 jam 45 menit.

Jalur alternatif berikutnya yakni lewat Ciawi-Cianjur via Sukabumi. Rutenya, dari Ciawi atau gerbang Bocimi menuju Cicurug, lalu melewati Cibadag ke arah Kota Sukabumi hingga sampai Cianjur. Jarak tempuh jalur Ciawi-Cianjur via Sukabumi ini 88,6 km, dengan waktu tempuh 3 jam 41 menit. (ysp/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *