Kemenhub Sediakan 55 Bus Mudik Gratis Nataru 2019

by -29 views

METROPOLITAN – Kabar bahagia datang dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Jasa Raharja. Rencananya, mereka
akan kembali menyelenggarakan program Mudik Gratis di libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Program itu berangkat dari Jabodetabek dan Denpasar menuju beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.

“Mudik gratis akan kita sediakan kerja sama dengan beberapa pihak. Kami berharap program ini dapat membantu masyarakat serta mengurangi kepadatan arus lalu lintas. Kami sediakan armada sebanyak 55 unit dengan kapasitas 2.475 penumpang,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kemarin.

Pada tahun ini, pemerintah dan para operator angkutan telah menyiapkan sarana angkutan, berikut moda jalan disiapkan sebanyak 50.317 unit bus (AKAP, AKDP dan Pariwisata) dan moda penyeberangan disiapkan 228 kapal Ro-Ro.

Sementara pada moda kereta api disiapkan sebanyak 404 unit kereta api, moda laut disiapkan 1.293 unit kapal dan moda udara disiapkan 495 unit pesawat. Jumlah tersebut rata-rata mengalami peningkatan dibanding pada 2018.

“Konsentrasi pengaturan pada jalur di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur; Penyeberangan Danau Toba, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Kepulauan Maluku; jalur wisata antara lain Puncak Bogor, Bandung, Malang, Solo, Yogyakarta, Parapat Toba dan lokasi-lokasi lainnya yang menjadi tempat perayaan pergantian tahun,” ucap Budi.

Kemenhub juga telah melakukan rekayasa lalu lintas pada simpang yang berpotensi macet, pembatasan angkutan barang, melakukan pengaturan pada kawasan pasar tumpah. Tak hanya itu, Kemenhub juga akan menempatkan petugas pada perlintasan sebidang, mengatur rute sepeda motor, mengatur kantong-kantong parkir di kawasan wisata dan lain sebagainya.

Sementara terkait aspek keselamatan, Kemenhub telah melaksanakan rampcheck terhadap sejumlah moda transportasi massal sejak 29 November-18 Desember 2019, termasuk melakukan pemeriksaan terhadap awak pengemudi, masinis, pilot dan nakhoda.

“Rampcheck sudah kita lakukan sejak dua minggu yang lalu, baik itu untuk darat, udara, laut maupun kereta api,” imbuhnya. ”Sabtu-Minggu ini saya akan keliling ke beberapa tempat untuk memastikan pengecekan rampcheck telah dilakukan secara optimal,” tutup Budi. (gri/rez/run)

Loading...