One Way Puncak Situasional Sampai Tahun Baru

by -
ONE WAY: Pengendara motor melintas di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, saat one way.

METROPOLITAN – Selama Hari Libur Nataru atau Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang akan berlibur menuju Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way selama masa liburan tersebut.

Menurut Kasatlantas Polres Bogor AKP Muhammad Fadli Amri, rekayasa lalu lintas perlu dilakukan lantaran potensi kepadatan kendaraan yang akan melintas ke wilayah wisata tersebut. Caranya, dengan sistem buka tutup secara situasional mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2020 mendatang.

“Sistem one way secara situasional, diberlakukan pada pagi hari mulai pukul 07:30 WIB sampai 12:00 WIB bagi kendaraan yang mengarah ke atas (Puncak, red),” katanya kepada pewarta.

Sedangkan satu arah mengarah ke Bogor, sambung dia, akan diberlakukan mulai pukul 13:00 WIB sampai 18:00 WIB. Pembukaan jalur pun akan bersifat situasional.

“Pembukaan One Way bisa saja dipercepat, atau diperlambat, melihat situasi arus lalu lintas di lapangn. Namun untuk waktu pembukaannya pasti,” ucapnya.

Ia mencontohkan kondisi sistem satu arah pada malam Natal kemarin. Kepadatan arus berkurang lebih cepat sehingga pukul 15:30 WIB telah dinormalkan kembali dua arah karena kepadatan arus telah berkurang.

“Kembali diberlakukan sistem one way mulai pukul 07.30 WIB yang kemudian dinormalkan sekitar jam 09.30 WIB. Melihat kepadatan arus kendaraan yang akan turun, sekitar jam 12.30 WIB diberlakukan proses one way arah bawah dan dinormalkan sekitar jam 19.00 WIB,” tuntas Fadli. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *