Pekerjakan Warga Cicadas, Tempat Usaha Dilengkapi Kafe

by -
BANTING SETIR: Mantan Kades Cicadas, Abdul Jaya, banting setir jadi bos cuci steam kendaraan di desanya. Ia pun mempekerjakan warga sekitar.

METROPOLITAN – Setelah dua periode mengabdi, mantan Kepala Desa Cicadas, Kecamatan Ciampea, Abdul Jaya memilih banting setir jadi pengusaha cuci steam kendaraan. Baru sepekan dibuka, usaha steam Mulyana Jaya (MJ) di Jalan Abdul Fatah, Kampung Cikalancing, RT 01/06, Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea, ramai dikunjungi konsumen.

Laporan: Ade Sumantri

Usaha steam milik Abdul Jaya dilengkapi snow wash dan system hidrolik.

“Saya memilih tidak mencalon diri sebagai kades dan fokus usahan steam kendaraan,”ujar Djaya.

Menurut Jaya, mengabdi kepada masyarakat tidak harus menjadi kades, tapi bisa berbagai cara. Salah satunya membuka usaha steam kendaraan, dan mempekerjakan warga sekitar. “Ada enam orang yang kerja di steam MJ. Semuanya warga sekitar,” katanya.

Untuk memulai usaha steam kendaraan tentunya dibutuhkan modal yang besar. Dari mulai tempat dan peralatan seperti hidrolik dan kompresor. Walaupun modalnya, besar usaha steam kendaraan tidak pernah basi seperti usahan makanan atau barang lainya.

“Kita mengutamakan kualitas pelayanan karena kepuasan konsumen yang diutamakan,” tegasnya.

Jaya menambahkan, steam MJ melayani cuci mobil hidrolik, cuci motor, vacum. Tempat usaha ini dilengkapi fasilitas musala, tempat tunggu dan kafe. Untuk tarif, layanan di MJ yakni motor Rp10ribu, sedangkan mobil Rp35 ribu.

“Selain membuka usaha, warga sekitar juga bisa kerja,” pungkasnya. (ads)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *