Peringati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Pemkab Bogor Hidupkan Rasa Solidaritas

by -
PROGRAM: Pemkab Bogor bersama jajarannya foto bersama usai memperingati HKSN di Lapangan Tegar Beri-  PEMKAB...Baca Hal 11 man, Cibinong, kemarin.

METROPOLITAN – Kesenjangan sosial dan permasalahan sosial, selalu menjadi mimpi buruk bagi Kabupaten Bogor. Dalam memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mencoba untuk menanamkan kembali rasa solidaritas dan tenggang rasa kepada masyarakat di Kabupaten Bogor.

Berbagai kegiatan pun digelar oleh Pemkab Bogor dalam memperingati HKSN. Diantaranya adalah gerakan Bulan Bhakti Sosial, di mana Dinas Sosial Kabupaten Bogor memberikan paket sembako kepada 10 yayasan/ panti sosial dan Benah Kamar kepada 15 orang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Puncak acara HKSN sendiri digelar di lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Senin (16/12). Dalam puncak acara tersebut, Dinsos Kabupaten Bogor memberikan beberapa penghargaan kepada instansi-instansi yang ikut memberikan sumbangsihnya terhadap permasalahan sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Rustandi mengatakan untuk menyelesaikan masalah sosial, peran serta masyarakat dan lembaga lainnya merupakan suatu keniscayaan.

“Ini adalah momentum penting untuk terus memelihara, menanamkan, menumbuhkembangkan dan merevitalisasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang telah terpatri dalam diri bangsa Indonesia,” katanya.

Acara yang dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai penjuru Kabupaten Bogor ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan. Dalam sambutannya, Iwan mengatakan HKSN adalah hari untuk mengenang, menghayati dan melakukan aksi dengan semangat persatuan, kesatuan, kegotong-royongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia bahu membahu mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa.

“Kesetiakawanan Sosial dimaksudkan agar dapat menjadi Kekuatan Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional terutama bagi para generasi muda agar dapat bersama-sama dalam mengatasi problema bangsa yang saat ini tengah dilanda arus globalisasi, serta bertujuan untuk menggugah perasaan empati terhadap orang lain melalui aksi nyata demi kebaikan semua,” jelas Iwan.

Kegiatan yang memiliki tema ‘Kesetiakawanan Menembus Batas’ ini diharapkan bisa menjadi batu loncatan dan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesejahteraan sosial bagi seluruh anak bangsa. Pemerintah yang memiliki keterbatasan anggaran, sambung Iwan memang membutuhkan bantuan dari semua stakeholder yang ada di Kabupaten Bogor. (dil/c/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *