Puluhan Rumah di Rumpin Rusak Disapu Puting Beliung

by -

METROPOLITAN.id – Angin puting beliung menerjang dua desa di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Kamis (16/12) malam. Akibatnya, puluhan rumah mengalami kerusakan.

Dua desa yang diterjang puting beliung yaitu Desa Rabak dan Desa Cidokom. Informasi yang dihimpun, sedikitnya ada 27 rumah yang mengalami kerusakan. 5 di antaranya masuk katagori rusak berat.

Salah satu rumah yang rusak parah adalah milik Samwani (33), warga Kampung Dukuhmalang RT06/01 Desa Rabak.

Samwani mengatakan, saat kejadian sebenarnya hujan turun tidak lama. Namun lima menit kemudian, angin kencang datang menerjang dan merobohkan sebagian dinding tembok serta atap genteng rumahnya hingga ambruk.

“Beruntung kami sekeluarga sempat pindah ke dalam kamar. Alhamdulillah tidak ada yang celaka, meskipun kami harus alami kerugian puluhan juta karena rumah rusak parah,” Ungkap Samwani, Jum’at (20/12).

Sementara itu, Petugas Satkorlak Tagana Kecamatan Rumpin, Ridwan mengatakan, dari pendataan yang dilakukan di lapangan, ada 27 rumah warga mengalami rusak berat dan ringan.

Hasil pendataan selanjutnya dilaporkan ke pemerintah desa dan kecamatan untuk di tindak lanjuti.

“Dari jumlah tersebut, 5 rumah warga yang rusak berat,” terang Ridwan.

Aparatur Pemerintah Kecamatan Rumpin bersama polsek dan koramil Rumpin langsung melakukan pengecekan dan pendataan ke lokasi. Mereka juga memberikan pertolongan kepada para korban bencana angin puting beliung tersebut.

Kapolsek Rumpin Kompol Asep Supriadi bersama Danramil Rumpin Kapten (Inf) Kasbulloh serta Kasi Kesra Kecamatan Rumpin Agus Sopian langsung mendatangi lokasi dan memberikan bantuan kepada para korban.

“Kita lakukan pertolongan pertama seperti evakuasi dan lainnya. Tidak ada korban jiwa,” tandas Kapolsek Rumpin, Kompol Asep Supriadi. (sir/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *