Tersambar Petir, Rumah Jendral Dessano Hangus

by -11.4K views
BERJIBAKU: Petugas Damkar Kota Bogor tengah memadamkan api di kediaman Mayjen TNI Dessano Indrasakti yang dilahap si jago merah.

METROPOLITAN – Keheningan Perumahan Duta Pakuan, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah mendadak mencekam seketika kemarin malam. Rumah milik Mayjen Dessano Indrasakti, Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi itu terbakar diduga karena tersambar petir.

Pantauan Metropolitan, warga RT 05/07, Kelurahan Tegallega terlihat berhamburan sekitar pukul 20:00 WIB. Meski hujan membasahi, mereka tetap bersikukuh berkumpul di Jalan Danau Limboto. Rupanya, kobaran api dari rumah kosong nan megah menjadi penyebab berhamburannya warga malam itu.

Menurut Ketua RT 05, Rudi Rudian, kobaran api sudah terlihat membungbung tinggi dari lantai dua rumah milik Mayjen TNI Dessano Indrasakti sejak 19:30 WIB. Kejadian bermula saat hujan lebat yang disertai kilatan petir. Besar dan tingginya intensitas petir kala itu, rupanya menerjang rumah pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Umum Setjen Kemhan sejak 2015.

Semula Rudi tak menyangka, jika salah satu petir itu menerpa rumah mewah tersebut. Menurutnya, api pertamakali diketahui oleh dokter Daya Suryandari, pemilik rumah yang tepat berada di samping rumah Mayjen TNI Dessano Indrasakti. Daya juga sempat melihat kepulan asap keluar dari lantai paling atas rumah Mayjen TNI Dessano Indrasakti, tak lama pasca kilatan petir terdengar yang menyebabkan rumah tersebut terbakar.

“Pak dokter sempat melihat kepulan asap muncul dari rumah tersebut beberapa saat setelah kilatan petir yang terdengar sangat keras. Karena rumahnya kosong tidak ada berpenghuni, jadi api terus membesar tidak ketahuan,” kata Rudi saat ditemui dilokasi kejadian.

Berdasarkan pengakuannya, rumah tersebut sudah lama tak berpenghuni dan diisi pemiliknya. Meski begitu, setiap harinya memang ada petugas yang menjaga dan membersihkan rumah tersebut. Rencananya, rumah itu akan ditempati dalam waktu dekat ini lantaran kondisinya rumah tersebut pasca mengalami renovasi sekitar dua bulan lalu.

Rudi menyangka, jika sambaran petir tersebut tak menyasar kerumah milik Mayjen TNI Dessano Indrasakti, melainkan rumah yang berada disebelahnya.

“Kan rumah sampingnya itu ada kaya tower gitu, saya kira yang kena petir rumah itu tidak tahunya rumah milik pak jendral,” kata Rudi kepada Metropolitan saat ditemui dilokasi kejadian.

Berdasarkan kesaksiannya, dari api yang terlihat cukup besar. Bahkan membungbung tinggi keudara. Hujan yang cukup deras saat itu, rupannya sudah memperlambat kobaran api untuk menjalar, lantaran kondisi permukaan yang basah.

“Ya untung saja posisinya hujan, jadi kobaran api tidak mudah menjalar,” cetusnya. Sementara itu, pemilik rumah, Mayjen TNI Dessano Indrasakti enggan berkomentar banyak mengenai musibah yang menimpanya.

“Ini kan musibah yah, jadi saya tidak ingin banyak komentar. Tapi intinya, iyah memang ini rumah saya dan saat kejadian posisinya kosong, rencananya memang akan kami tempati,” singkatnya. (ogi/c/rez)

Loading...