Warga Sukadamai Butuh Puskesmas

by -20 views
PEPEN SUPENDI Kades Sukadamai

METROPOLITAN РDRAMAGA  Keberadaan puskesmas sangat dibutuhkan warga Desa Sukadamai, Kecamatan Dramaga. Sebab, di wilayah tersebut hingga kini belum memiliki puskesmas.

“Warga yang hendak berobat harus ke Puskesmas Ciherang atau Puskesmas Purwasari. Kedua puskesmas tersebut jaraknya cukup jauh harus naik angkot,” keluh warga Sukadamai, Didin.

Didin mengatakan, sudah puluhan tahun Desa Sukadamai tidak dilengkapi puskesmas. Seharusnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor peka akan kebutuhan yang sangat urgen seperti puskesmas.

“Kita berharap, pemkab peduli akan kesehatan warga Sukadamai dan pembangunan puskesmas di Desa Sukadamai bisa cepat teralisasi,” pintanya.

Kepala Desa Sukadamai, Pepen Supendi membenarkan bahwa di desa tidak ada Puskesmas. Selama ini hanya ada puskesmas pembantu (pustu). Namun operasionalnya di waktu- waktu tertentu. Padahal, pelayanan kesehatan sangat penting. Ketika ada warga yang sakit, bisa cepat mendapatkan penanganan awal di puskesmas.

“Saya mendesak Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, membangunkan Fasilitas Puskesmas di Desa Sukadamai,” tegas Pepen.

Menurutnya, keinginan warga akan adanya puskesmas kerap diusulkan di musrenbang tingkat desa hingga tingkat kecamatan. Namun, hingga kini belum juga terwujud.

“Kalau terbentur persoalan lahan, pemdes siapa menyiapkan lahan untuk pembanggunan puskesmas. Tinggal niat Pemkab Bogor, mau nga menganggarkan membangun puskesmas,” tukasnya. (ads/b/els)

Loading...