20 Warga Cikarawang Dilatih Urus Jenazah

by -
PELATIHAN: KUA Kecamatan Dramaga melatih peserta tentang tata cara pemulasaran jenazah.

METROPOLITAN – DRAMAGA  Pemerintah Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga bersama KUA Dramaga mengadakan pelatihan pemulasaran jenazah. Sebanyak 20 orang peserta dilatih tentang tata cara memandikan dan mengkafani jenazah sesuai syariat Islam. Kepala Desa Cikarawang, Sapturi Wijaya mengatakan, peserta yang ikut pelatihan ini perwakilan setiap RW dengan total ada 20 orang laki-laki dan perempuan.

Para peserta dibimbing bagaimana cara mengurus jenazah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Mulai dari memandikan jenazah, praktek mengafani dan tata cara mensalatkan jenazah hingga menguburkannya. Ia berharap setelah diadakan pelatihan ini peserta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari .

Dari hasil pelatihan ini, lanjut dia, warga tidak kesulitan lagi mencari tenaga ahli untuk mengurusi jenazah saat ada kerabat mereka yang meninggal dunia. Selain itu, ada regenerasi mengingat di Desa Cikarawang hanya ada dua amil.

“Harapan kita, semoga kedepan, masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mencari orang untuk pelaksanaan fardu kifayah untuk jenazah laki-laki maupun terkhusus bagi jenazah wanita,” katanya.

Terpisah, Camat Dramaga, Ivan Pramudia, menambahkan, melihat kondisi saat sekarang ini banyak amil di desa yang kondisinya sudah berumur. Melihat hal tersebut, tentunya perlu ada regenerasi, sehingga ketika ada warga yang membutuhkan bisa terbantu.

“Saya berharap desa lain mengadakan pelatihan kegiatan yang sama, mengingat banyak amil yang sudah berumur dan perlu ada regenerasi,” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *