2020, Disdik Fokus Tanamkan Pendidikan Karakter

by -
ELAJAR: Beginilah suasana kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tahun ini, Disdik Kota Bogor fokus menanamkan pendidikan karakter ke peserta didik karena mampu membawa masa depan anak lebih sukses.

METROPOLITAN – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fachrudin, mengajak seluruh pendidik agar pada 2020 ini terus meningkatkan dan menanamkan pendidikan karakter bagi para siswanya. Harapannya mampu membawa masa depan anak lebih sukses. Menurut pria yang akrab disapa Fahmi, yang paling dibutuhkan dalam mendidik anak-anak itu adalah akhlak atau karakter yang bisa membuat orang nyaman.

“Sebetulnya tidak ada yang namanya hidup gagal. Semuanya pasti bermuara pada kesuksesan. Makanya, dibutuhkan akhlak agar membuat orang lain nyaman. Karenanya, serendah-rendahnya manfaat adalah membuat nyaman orang yang berada di sekelilingnya,” katanya.

Ia menjelaskan, pendidikan karakter bukan mata pelajaran yang dapat dipelajari setiap hari. Tetapi ini adalah akhlak atau karakteristik yang harus dimiliki satiap siswa. Contohnya belajar mengajar di zaman sekarang, tidak harus lagi ada guru di kelas, tetapi bisa dilakukan dengan sistem kemajuan tekhnologi.

“Hanya saja tinggal sikap dan karakter para siswanya saja yang harus dibina, karena pendidikan itu akan menaikan akhlak dan ilmu,” katanya.

Fahmi menambahkan, tidak mungkin ilmu terwarisi kepada para siswa jika gurunya saja tidak berakhlak. Ilmu yang tidak ada landasan karakternya, bisa menjadi bencana jika tidak diberikan pembinaan terhadap karakter siswa.

“Guru harus ada didepan untuk membimbing, guru harus ada di tengah untuk mengayomi dan guru harus ada di belakang untuk memotivasi anak anak “ kata Fahmi.

Menurut dia, guru itu harus disegani para siswa, bukan harus ditakuti, karena kalau guru ditakuti, nanti para siswanya menjadi tidak nyaman.

“Karena itu, mari kita bangun sebuah wahana pendidikan berkarakter yang menyenangkan melalui sekolah ramah anak,” tuturnya. (ber/ar/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *