2021 Tol Bocimi Seksi 2 Rampung

by -2.6K views
RAMPUNG: Lanjutan pembangunan Tol Bocimi Seksi II direncanakan akan rampung pada 2021.

METROPOLITAN – Badan Pengatur Jalan Tol memperkirakan pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 2 rampung pada tahun depan. Penyelesaian seksi 2 bakal memperpanjang operasional jalan tol tersebut menjadi 27 kilometer.

Progres konstruksi jalan tol Bocimi seksi 2 mencapai 36,20 persen per awal Januari 2020. Saat ini, jalan tol Bocimi baru beroperasi di seksi 1 sepanjang 15,34 kilometer. Secara keseluruhan, jalan tol Bocimi memiliki panjang 54 kilometer, terdiri atas seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,35 km), seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,90 km), seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (13,70 km), dan seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 km).

Jalan tol Bocimi dibangun oleh PT Trans Jabar Tol, anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR). Keberadaan jalan tol ini diharapkan bisa memperlancar distribusi barang dan mobilisasi manusia. Oleh karena itu, kehadiran jalan tol Bocimi dinilai bakal memangkas biaya logistik dan membuka akses bagi pengembangan ekonomi di kawasan Bogor dan Sukabumi.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Trans Jabar Tol Muhammad Sadali mengatakan bahwa penyelesaian seksi 2 bakal meningkatkan arus lalu lintas di jalan tol Bocimi. Saat ini, lalu lintas harian rata-rata (LHR) di seksi 1 baru mencapai 17.000 kendaraan, di bawah ekspektasi sebesar 22.000 kendaraan.

“Karena baru seksi 1 ya, kecuali nanti seksi 2, seksi 3, dan seterusnya sudah banyak tujuannya, misalnya, ke Sukabumi atau Pelabuhan Ratu lebih cepat dan lebih dekat. Nanti, kalau itu sudah tersambung, jadi trafik bisa naik dengan sendirinya,” kata Sadali.

“Secara rata-rata ya, setelah berbayar kalau sekarang masih di bawah rencana sih, sempat turun 22 persen, tapi sekarang sudah enggak sebesar itu, rata-rata antara 10 persen dan 15 persen di bawah rencana. Sudah mulai ada kenaikan,” sambung dia.

Selain itu, apabila semua seksi sudah tersambung, dari gerbang keluar tol Bocimi terdekat ke Pelabuhan Ratu sepanjang 33 km-34 km dengan waktu tempuh paling lama 1 jam. Adapun, dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu hanya menempuh waktu 2,5 jam. (bis/mam)

Loading...