4.646 Pengungsi Butuh Rumah Aman

by -17 views

METROPOLITAN – NANGGUNG Camat Nanggung bersama Pemerintah desa (Pemdes) tengah mencarikan lahan hunian tetap (huntap) untuk para pengungsi korban bencana alam longsor. Camat Nanggung, Ae Saepuloh, mengatakan, di masa waktu perpanjangan masa tanggap bencana, pihak kecamatan dan pemdes sudah mengusulkan lahan yang bakal dijadikan hutap.

“Lahan yang bakal dijadikan huntap di antaranya untuk Desa Malasari di PT Nirmala, Desa Nanggung, Cisarua dan Cuŕugbitung di eks HGU Havindo,” ujarnya.

Ae menambahkan, kebutuhan hutap bagi para pengungsi sangat penting, karena tidak mungkin para korban bencana alam tinggal di pengungsian.Setelah lahan yang bakal dijadikan hutap sudah ada, nantinya ada tim kajian geologi yang bakal menentukan lahan tersebut aman untuk di tempati.

“Intinya, kita berharap hutap bisa cepat teralisasi karena para korban bencana alam butuh kepastian tempat tinggal yang layak,” katanya.

Menurut Ae, Rata- rata mereka mengungsi disebabkan kondisi rumah rusak dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Untuk tempat pengungsian korban bencana alam ada empat titik yakni Kampung Sirangap dan Kampung Rancabakti, Desa Nanggung, Kampung Parigi, Desa Cisarua, Kantor Desa Pangkalkaya.

“Jumlah pengungsi ada 1.469 KK dengan total 4.646 jiwa. Sampai kapan mereka mengungsi, kita masih menunggu hasil asesmen dari BMKG,” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *