Anies Larang Plastik Sekali Pakai di Jakarta Mulai Juli 2020

by -

METROPOLITAN –  Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melarang penggunaan plastik sekali pakai, utamanya di pusat perbelanjaan, toko swalayan, juga pasar rakyat mulai Juli 2020. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Andono Warih, Anies mengeluarkan larangan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 142 Tahun 2019.

“Pergub belaku efektif enam bulan sejak diundangkan (Juli 2020),” ujar Andono di Jakarta, Selasa, 7 Januari 2019.

Andono menyampaikan, pengelola pusat perbelanjaan, harus menyediakan kantung ramah lingkungan untuk pembeli berbelanja. Hal itu diatur dalam pasal 5 Pergub.

“Kewajiban pengelola dalam Pergub tersebut disebutkan bahwa pengelola wajib memberlakukan penggunaan kantung belanja ramah lingkungan di lokasinya,” ujar Andono.

Andono juga mengemukakan, ada pengenaan sanksi mulai dari teguran, uang paksa, pembekuan izin, hingga pencabutan izin jika pengelola pusat perbelanjaan tidak melaksanakan aturan. Ada juga insentif fiskal yang diberikan jika pengelola melaksanakan aturan.

“Selain itu, ada juga kewajiban (pengelola) untuk melakukan sosialisasi kepada tenant maupun pengunjung di lokasi mal-nya,” ujar Andono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *