APBD Pemkab Bogor Siap Dibuka ke Publik, Uang Rakyat Bisa Diawasi

by -

METROPOLITAN.id – menyusul beberapa daerah lainnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana menerapkan transparansi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) melalui websitenya mulai tahun ini. Langkah ini diambil demi keterbukaan ke mana alokasi uang rakyat digunakan

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk bisa menerapkan transparansi APBD di website milik pemkab.

Tujuannya, agar semua orang, khususnya warga Bumi Tegar Beriman, bisa melihat secara langsung alokasi anggaran dan kemana larinya uang rakyat tersebut.

Namun, politisi PPP ini mengaku hal itu tak bisa serta merta terwujud lantaran ada beberapa kendala. Seperti kesiapan sarana prasarana dan wilayah Kabupaten Bogor yang luas.

“Kami menuju itu (keterbukaan APBD, red), sedang dipersiapkan. Tapi kan nggak semudah itu juga, karena kita kan beda, dengan Kota Bogor misalnya, kita kan lebih luas dan besar secara wilayah,” kata Ade Yasin, Selasa (14/1).

Saat ini, masih dalam tahap pembenahan sistem, baik di perencanaan hingga penganggaran. Termasuk pembenahan standar harga, standar belanja, serta penerapan sistem non tunai.

“Target sih ya melihat kesiapan TAPD. Kalau bisa di 2021, kenapa enggak. Pokoknya kita juga mengarah kesana supaya lebih rapi sistemnya,” pungkasnya. (ryn/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *