BAMBUKU.id, Gerakan Pemuda dari Bogor Sampai ke Istanbul Turki

by -0 views

METROPOLITAN.id – Sekelompok pemuda dari Kabupaten Bogor sukses mempresentasikan projek sosial yang mereka jalankan hingga ke Istanbul, Turki.

Adalah Bambuku.id, sebuah industri kreatif hasil program pemberdayaan pemuda dengan memanfaatkan bambu menjadi sebuah hasil karya yang bernilai dan ramah lingkungan.

Projek sosial tersebut dipresentasikan dalam program bernama Istanbul Youth Summit (IYS) yang digelar sejak 27-30 Januari 2020 di Istanbul, Turki.

Program inu merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Republik Turki dengan Youth Break the Boundaries Foundation dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki.

“Dalam acara ini, saya mempresentasikan industri kreatif bernama Bambuku yang memberdayakan pemuda di wilayah Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor,” ujar Founder Bambuku, Arnita.

Menurutnya, Bambuku.id merupakan industri penyedia sedotan, gelas, gantungan kunci dan miniatur kujang yang menjadi oleh-oleh khas Bogor.

Mahasiswi IPB University ini menjelaskan, produk yang dihasilkan juga merupakan bentuk aksi nyata menjaga lingkungan. Contohnya, dengan tidak menggunakan sedotan plastik.

Salah satu panelis yang juga Direktur IYS20, Hopyan Nazaki mengapresiasi projek ini. Menurutnya, sudah saatnya pemuda dari seluruh dunia bersatu, bersinergi, dan berkolaborasi membangun ekosistem dunia yang lebih baik.

“Tentunya dengan kemampuan yang dimiliki setiap pemuda, sehingga berdampak positif terhadap lingkungan sekitarnya,” tandasnya.

IYS20 kali ini mengangkat tema ‘Preparing Youth Leader 2045: Breakthrough in Regeneration for Strategic Position in Goverment and Non-Government Organization’.

Collaboration in Diversity adalah tagline yang diangkar dalam program ini. Tak kurang dari 150 orang pemuda dari berbagai negara ikut serta dalam program ini.

Mereka datang dari berbagai macam latar belakang. Mulai dari akademisi, mahasiswa, peneliti, praktisi, pebisnis dan pemerintahan. (*/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *