Calon Perangkat Desa Jalani Uji Kompetensi

by -
UJIAN: Calon perangkat desa Kecamatan Ciampea tengah menjalani uji kompetensi.

METROPOLITAN – CIAMPEA Selama dua hari, 16 calon perangkat Desa di Desa Bojongrangkas dan Cicadas, Kecamatan Ciampea, menjalani uji kompentensi yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Ciampea. Tes bagi calon perangkat desa diantaranya tes tertulis, ITE dan wawancara.

Camat Ciampea, Chaerudin Pelani, mengatakan, sebelum kepala desa (kades) mengganti dan mengangkat perangkat desa, diharuskan mengusulkan dulu ke kecamatan. Karena kecamatan berhak mengeluarkan rekomendasi persetujuan dan penolakan calon perangkat desa. Nama- nama calon perangkat desa yang diusulkan dari Desa Bojongrangkas dan Cicadas diuji kompentesi selama dua hari.

“Syarat utama calon perangkat desa yakni lulusan SLTA dan usia maksimal 42 tahun,” ujar mantan Camat Tenjo.

Pelani menambahkan, uji kompentensi tersebut untuk menjaring calon- calon perangkat desa yang memiliki kualitas. Untuk metode tes uji kompentesi disesuaikan dengan ketentuan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bogor.  Nantinya hasil tes ini disampaikan ke kades.

“Dengan adanya uji kompentesi,  perangkat desa mempunyai kemampuan dalam menjalani roda pemerintah desa,” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *