Disdik Siap Buatkan Pengganti Ijazah Korban Bencana

by -6 views
PERMUDAH: Disdik Kabupaten Bogor akan mempermudah warga yang kehilangan ijazah untuk dibuatkan penggantinya.

METROPOLITAN – SUKAJAYA  Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menjamin kemudahan bagi masyarakat yang tertimpa bencana banjir dalam memperoleh layanan pendidikan dan penggantian ijazah. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna mengaku tidak bisa menerbitkan ijazah atau Surat Tanda Taman Belajar (STTB) baru bagi.

Peniadaan penggantian ijazah sudah berlaku sejak adanya Permendikbud Nomor 29 Tahun 2014 tentang Ijazah dan STTB. Akan tetapi, ijazah diganti surat keterangan pengganti ijazah yang ditandatangani kepala Dinas Pendidikan. Bentuk ijazah, nantinya seperti SKCK.

“Ijazah yang hilang akibat banjir dan longsor kita terbitkan surat keterangan pengganti ijazah, atas tandatangan saya (kepala dinas),” ujar mantan camat Ciampea.

Surat keterangan pengganti ijazah setara dengan ijazah baru. Sehingga ketika melamar kerja maupun CPNS tetap sah. Terpenting, nomor ijazah tersebut. Karena nomor ijazah tidak bisa dipalsukan.

“Surat keterangan pengganti ijazah ini resmi sederajat dengan ijazah asli sesuai aturan Permendikbud. Jadi tetap bisa digunakan untuk melamar kerja, nanti ijazahnya kita legalisir juga,” tegasnya.

Untuk proses pembuatannya, sambung Entis, warga yang ijazahnya hilang melaporkan ke pihak sekolah terkait. Setelah itu, mendatangi kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor untuk dibuatkan penganti ijazah yang hilang.

“Karena ini musibah, kita permudah. Pemohon tidak usah lagi melampirkan surat kehilangan dari kepolisian. Cukup dari keterangan dari pihak sekolah saja dan membawa pasfoto,” katanya.

Soa ada berapa ijazah yang hilang akibat musibah banjir dan longsor, dirinya belum mengetahui secara rinci. Ada kemungkinan, masyarakat masih sibuk mengurusi hal yang lain dan belum mengurus persoalan ijazah mereka yang hilang.

“Intinya, masyarakat jangan panik ketika dokumennya rusak akibat terjangan banjir dan longsor. Jika ijazahnya rusak dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, akan melakukan program restorasi atau pemulihan dokumen fisik. Ketika hilang kita akan berikan penganti ijazah yang legalitasnya sama dengan yang asli,” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *