Disdik Usul Rekrut Satgas Pelajar dari Kalangan Alumni

by -

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor bersama Kantor Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah II Jawa Barat mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pelajar yang direkrut dari kalangan alumni di semua sekolah tingkat SMA maupun SMK. Hal itu menindaklanjuti peristiwa tawuran antar pelajar yang belakang terjadi di Kota Bogor hingga mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

Kadisdik Kota Bogor, Fahrudin mengatakan, usulan tersebut lahir berdasarkan pantauan di masing-masing sekolah. Sebab bicara satgas pelajar bukan saja soal jumlah melainkan perhatian dan pengamanan terhadap siswa di masing-masing sekolah.

“Intinya tingkatkan koordinasi dan perhatian. Dari hasil pantauan kita, dengan meningkatkan perhatian terhadap mereka insyaallah kita akan mengetahui apa yang mereka rencanakan. Kemudian muncul juga gagasan baru dan kita akan mencobanya yakni melibatkan para alumni sekolah untuk dijadikan satgas,” ujarnya didampingi Kepala KCD Wilayah II Jawa Barat, Aang Taryana.

Menurut dia, dengan melibatkan para alumni maka siswa akan lebih terawasi dan menguatkan organisasi. Apalagi para alumni ini terkadang memerlukan pengakuan, penyaluran energi dan penghargaan. Dengan begitu meyakini ketika para alumni sudah memiliki tempat, dihargai dan payung hukumnya ada di dalam Peraturan Daerah (Perda) maka tidak salah ketika satgas diberikan honor.

“Legalitas hukumnya dipayungi oleh Perda sehingga kita bisa merekrut orang-orang yang bisa membantu memecahkan masalah ini. Siapa yang bisa membantu ? Ya mereka yang pernah terlibat urusan ini alias mantan pelaku tawuran,” jelasnya.

Sementara, usulan kedua lembaga pemerintah itu langsung disambut hangat oleh DPRD Kota Bogor saat diskusi Komisi IV DPRD bersama Disdik, KCD, para kepala sekolah dan undangan lainnya di gedung DPRD Kota Bogor. Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor Ence Setiawan menegaskan bahwa Komisi IV sangat mendukung usulan tersebut.

“Saya setuju dan mendukung dengan usulan perekrutan satgas pejalar ini dari kalangan alumni sehingga bisa menjadi keamanan dan mengawasi adik adiknya di sekolahnya,” ungkapnya.

Dukungan tersebut, sambung dia, juga akan diiringi oleh dorongan agar satgas bisa mendapatkan anggaran dalam menjalankan tugasnya.

“Soal anggaran, nanti akan dianggarkan ketika satgas itu memerlukan demi kebutuhannya,” pungkasnya. (ber/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *