Dulu Ngasong di Terminal, Kini Bakal Punya 4 Cabang

by -1 views
AKRAB: Andrew Hidayat foto bersama pengunjung Kafe Black Whale Sport, beberapa waktu lalu.

METROPOLITAN – Roda hidup itu terus berputar. Kadang ada di atas dan tak jarang di bawah. Hal itu nampaknya yang dirasakan Andrew Hidayat. Mantan pejual asongan itu kini menjadi salah satu pengusaha sukses di Ibu Kota.

Andrew dulunya hanyalah pria biasa yang mengandalkan hidup dari berdagang asongan di Jakarta. Siapa sangka kini ia menjadi salah satu pengusaha sukses di Ibu Kota, dengan mendirikan Kafe Blak Whale Sport.

“Hidup saya dulu susah, jadi pedagang asongan yang menawarkan dagangan ke penumpang. Kadang di Stasiun kereta kadang juga di Terminal bus. Sekarang saya jadi pengusaha” kata Andrew Hidayat.

Titik balik kesuksesan Andrew dimulai ketika dia memberanikan diri meminjam sejumlah uang dari sanak saudara dan keluarganya sekitar 10 tahun silam. Uang itulah yang kemudian ia gunakan sebagai modal untuk membuka usaha kecil-kecilan saat itu.

Ketekunan Andrew dalam menjalankan usaha kecil-kecilannya itu berbuah manis. Ia dilirik oleh kolega dari pamannya hingga mendapat suntikan dana untuk memperbesar usahanya. Dengan modal itu ia kemudian memperlebar sayap.

Belakangan Andrew mendirikan sebuah kafe yang diberi nama Black Whale Sports di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. Usaha Andrew pun kian sukses dengan omzet puluhan hingga ratusan juta per bulan.

“Sekarang saya punya puluhan karyawan,” ucapnya.

Black Whale Sports merupakan kafe dengan kosep yang terbilang masih jarang di Indonesia. Di sana selain bisa nongkrong, pengunjung juga bisa berolah raga atau nonton bareng kegiatan olah raga seperti sepak bola, Moto GP dan lain sebagainya.

“Kalau kafe ini (Black Whale Sports) sebenarnya berkonsep bar yang sehat, jadi di dalamnya bisa olahraga, nonton bareng dan menikmati musik,” imbuh Andrew.

Kesuksesan kafe milik Andrew itu pun banyak dilirik, hingga tak jarang ia harus ke luar negeri untuk mengikuti berbagai pameran.

“Dan saya sempat bolak-balik, Jakarta-Singapura untuk mengikuti pameran. Tak jarang saya dimintai konsultasi seputar konsep sebuah kafe dari luar negeri,” bebernya.

Kini, Andrew Hidayat berencana melebarkan usahanya ke sejumlah kota besar yang ada di Indonesia. Kafe dengan konsep sport itu rencananya dalam waktu dekat akan dibuka di Surabaya, Bandung, Bali dan Makassar.(lip/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *