GAB Ajak Siswa Smart Cibinong Berani Bercita-cita

by -66 views
AJAK: Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) mengajak siswa Sekolah SMART Cibinong memiliki cita-cita. Selain GAB, Dompet Dhuafa juga mengajak guru menggelorakan Games.

METROPOLITAN – Banyak orang miskin yang belum berani bercita-cita. Padahal untuk memutus rantai kemiskinan dan kebodohan bisa dimulai dari berani bercita-cita. Hal itu yang mendorong adanya Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) di Kabupaten Bogor. Gerakan ini dimulai di Sekolah SMART Cibinong (SSC) yang berlokasi di Kecamatan Klapanunggal.

Pencetus GAB, Zaim Uchrow, mengatakan, saat ini jumlah penduduk semakin meningkat dan akses lapangan kerja semakin sulit. Namun kebanyakan anak tidak siap menghadapinya. Buktinya masih adanya kecenderungan remaja terjerat narkoba, seks bebas dan kriminalitas. Tak sedikit anak-anak kita yang bermasalah saat remaja karena labil karena tidak memiliki tujuan hidup

“Bercita-cita sejak kecil mencegah anak bermasalah dan memudahkan sukses,” katanya.

Ketua Pembina Yayasan Dompet Dhuafa, Parni Hadi, meminta semua siswa SSC memiliki cita-cita dan gagasan. Entah menjadi presiden atau pun orang terkenal.

“Tapi sebagai orang beragama, semua upaya kita lakukan dengan doa. Gagasan adalah awal karier perjuangan, tanpa gagasan dan tanpa cita-cita mau apa anda, ngambang hidup ini!,” ujarnya.

Sejalan dengan GAB, Sekolah SMART Cibinong sejak diwakafkan dari PT Solusi Bangun Indonesia (dulu PT Holcim) kepada Yayasan Dompet Dhuafa Republika tahun 2011, telah meraih pencapaian yang patut dibanggakan. Menginjak dasawarsa ke-2, Sekolah SMART Cibinong berkeinginan meningkatkan kontribusinya dalam dunia pendidikan untuk menciptakan generasi berkualitas, berakhlakul karimah dan berjiwa entrepreneur dengan membuka program SMA yang terbuka bagi masyarakat luas khususnya bagi warga Kabupaten Bogor.

Tak hanya GAB, Parni juga menggelorakan Gerakan Ayo Menulis Sekarang (Games) bagi guru-guru SSC.

“Saya ingin kita semua belajar menulis, bangsa ini menurut statistik sedikit sekali melahirkan buku dibanding bangsa lain. Saya ingin SSC mulai Games digabung dengan GAB. Kegiatan hari ini bersejarah, kita mengukir sejarah. Ibu-ibu, Bapak-bapak tolong putra putrinya dorong untuk bercita-cita dan menulis,” katanya. .

Sementara itu, Direktur Sekolah SMART Cibinong, Wildan Hakim Mahardika menambahkan, untuk meningkatkan nilai kebermanfaatan di masyarakat Kabupaten Bogor khususnya di Kecamatan Klapanunggal serta membuka lebar peluang bagi anak-anak usia belajar utk mendapatkan pendidikan yang memadai. Terlebih dengan diberlakukan sistem zonasi membawa dampak bagi usia pelajar di kecamatan Klapanunggal harus bersaing dengan pelajar lainnya di kecamatan lain.

“SMA di Klapanunggal masih terbatas. Itu yang menguatkan manajemen Sekolah SMART Cibinong untuk membuka program SMA,” katanya. (*/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *