Jadi Inspirasi, Pesawat Rakitan Chaerul Akan Disimpan di Museum TNI AU

by -

METROPOLITAN – TNI Angkatan Udara (AU) mengapresiasi Chaerul, pembuat pesawat ultralight asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel). TNI AU akan mendampingi Chaerul untuk merakit pesawat ultralight yang lebih baik.

“Kebetulan Gubernur Sulsel akan memberikan dia mesin pesawat Ultralight dan teknisi kami yang akan membimbing dia dalam merakait pesawat tersebut,” terang Kepala Sub Dinas Penerangan Umum (Kasubdispenum) Dispenau, Kolonel Muhammad Yuris, Kamis (23/1/2020).

Yuris mengungkap sosok Chaerul sangat sesuai dengan jargon TNI AU yang selalu didengung-dengungkan oleh KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna yakni professional, militan dan inovatif.

TNI AU menilai Chaerul memadukan kegigihan dengan penggunaan ilmu dari internet untuk jadi sebuah hasil dirgantara.

“Dia profesional sebagai montir, tukang las. Militannya dia nekat mau nyebur ke laut pantang menyerah, inovatif. Inovasi yang luar biasa orang yang tidak pernah melihat pesawat secara utuh bisa mendapatkan ilmu dari internet dengan bijak,” ujar Yuris.

Pesawat ultralight rakitan Chaerul akan disimpan di Museum Pusat TNI AU di Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk lebih menginspirasi banyak orang.

“Karena katanya akan Lebih banyak orang akan terinspirasi dengan kehadiran pesawat tersebut jika disimpan di sana,” tutur dia.

Ternyata, Yuris sendiri tinggal dari kampung yang sama dengan Chaerul di Pinrang.

“Ini merupakan kebanggaan bagi saya , selaku kelahiran Pinrang, ada pemuda yang ulet dan inovatif dari tempat saya lahir,” tuturnya.

Yuyu juga berharap Haerul menjadi pionir dalam pembinaan potensi dirgantara di daerahnya sehingga masyarakat bisa lebih mengetahui tentang dunia keudaraan dan tugas-tugas TNI AU secara keseluruhan.

Sebelumnya, Chaerul diundang ke Jakarta untuk bertemu dengan KSAU Marsekal Yuyu. Marsekal Yuyu memuji inovasi, keberanian, dan semangat pantang menyerah yang dimiliki Chaerul dalam membuat pesawat terbang swayasa dari barang bekas dan bermesim sepeda motor.

TNI AU juga akan memberikan edukasi dan pengetahuan tambahan kepada Chaerul tentang keselamatan penerbangan, kelaikan pesawat terbang, dan segala hal teknis terkait lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *