Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soetta

by -4 views
RESMI: Presiden Joko Widodo meresmikan runway 3 atau landasan pacu Bandara Soekarno- Hatta, Tangerang, kemarin.

METROPOLITAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan runway 3 atau landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kemarin. Dalam kesempatan ini Jokowi juga meresmikan east connection taxiway yang menghubungkan runway selatan dan runway utara serta gedung VIP Bandara Soetta.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim dengan memohon ridho dan rahmat Allah SWT. Pada sore hari ini saya resmikan runway 3, east cross connection taxiway, Terminal 3 dan gedung VIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta, terima kasih,” kata Jokowi.

Jokowi berharap sejumlah fasilitas yang baru diresmikannya itu bisa membuat pelayanan di Soekarno-Hatta lebih baik. Jokowi sekaligus meminta PT Angkasa Pura II untuk memperhatikan pengaturan manajemen take off dan landing pesawat setelah runway 3 beroperasi.

“Karena sudah kelihatan traffic semakin banyak, penumpang semakin banyak, jangan kita menunggu sampai penuh lagi,”

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meminta PT Angkasa Pura II segera membangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Ia tak ingin pembangunan Terminal 4 menunggu sampai kapasitas penumpang di Bandara Soetta penuh terlebih dahulu.

“Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu sehingga masyarakat, rakyat, terlayani oleh Bandara Soekarno-Hatta ini,” ucapnya.

Saat ini Bandara Soetta memiliki tiga landas pacu, yaitu runway 1 yang terletak di Selatan serta runway 2 dan runway 3 di Utara. Berdasarkan data PT Angkasa Pura II (Persero), landasan pacu ke-3 Bandara Soetta sudah beroperasi sejak akhir tahun lalu. Runway ini dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat tinggi di Bandara tersebut.

Dengan adanya runway ke-3 yang berukuran 3.000 x 60 meter ini, pergerakan pesawat di Bandara Soetta bisa meningkat dari semula 81 pergerakan pesawat per jam menjadi 114 pergerakan pesawat per jam baik lepas landas (take off) maupun pendaratan (landing).

Selain meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat, kecepatan dan pelayanan terhadap penumpang tentunya pembangunan runway ke-3 ini juga dapat meningkatkan keselamatan penerbangan di Bandara Soetta.(dtk/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *