Kongres PAN Pertarungan Kubu Amien vs Istana

by -

METROPOLITAN – Kontestasi pemilihan Ketua Umum PAN yang akan digelar Februari 2020 mendatang dinilai tak hanya mempertontonkan pertarungan internal PAN. Kontestasi itu dinilai juga akan mempertontonkan pertarungan antara internal dan eksternal PAN.

“Walaupun empat caketum, tapi secara kasat mata bisa dilihat persaingan yang terjadi tetap antara dua kubu besar, yaitu kubu Istana dan kubu Amien Rais,” kata pengamat politik Hendri Satrio kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Hendri menilai yang nantinya terpilih sebagai ketua umum akan menentukan arah politik PAN. Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais diketahui menegaskan tidak akan mengganggu pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) periode kedua ini.

“Pemenangnya akan menentukan ke arah mana setelah ini posisi PAN berpihak, akan jadi masuk ke koalisi atau tetap oposisi,” ucap Hendri.

Hendri menyebut ada hal yang tidak biasa dalam kontestasi pemilihan ketua umum PAN kali ini. Dia berpendapat skema pemilihan satu putaran akan memperkecil potensi gesekan internal partai berlambang matahari putih itu.

“Baru kali ini ada empat caketum, biasanya cuma dua. Maka ini kesempatan bagi PAN untuk tetap melaksanakan demokrasi tapi memperkecil gesekan internal, maka satu putaran akan sangat baik,” jelasnya.

“Walaupun nampaknya peserta Kongres akan tetap menginginkan dua putaran,” imbuh Hendri.

Konstestasi Ketua Umum PAN semakin meruncing dengan berlabuhnya Hatta Rajasa ke kubu Asman Abnur. Hendri melihat dalam pemilihan ketua umum nanti perhatian khalayak akan tertuju kepada dua sosok, selain Asman, juga Mulfachri Harahap.

“Walau empat calon masih punya peluang, perhatian akan tertuju pada Mulfachri yang didukung Amien Rais dan Asman Abnur yang kabarnya didukung Istana,” ucapnya.

Sementara itu, Hendri juga memandang calon petahana, Zulkifli Hasan (Zulhas), yang memiliki tantangan lebih berat. Zulkifli dinilainya harus bisa mendobrak tradisi bahwa belum ada Ketua Umum PAN yang menjabat dua periode.

“Zulkifli bukan hanya harus melawan kandidat lain, tapi juga berhadapan dengan tradisi dan sejarah yang hingga saat ini belum pernah mencatat ada Ketum PAN dua periode,” terang Hendri.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN saat ini, Zulhas menyebut kongres akan digelar pada 12 Februari 2020. Lokasi Kongres PAN yakni di Sulawesi Tenggara.

“Nanti kira-kira tanggal 12 Februari. Lagi dikonfirm tempat, hotel, segala macam. Tapi kira-kira tanggal 12 (Februari), di Sultra,” kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *