Kontinyu Berikan Bantuan di Empat Kecamatan

by -
BANTU: Karang Taruna Kabupaten Bogor memberikan bantuan kepada korban bencana di empat kecamatan. Salah satunya penanaman pohon di lokasi longsor.

METROPOLITAN – Bencana banjir dan longsor yang terjadi di empat kecamatan Kabupaten Bogor Barat menggugah Karang Taruna Kabupaten Bogor. Mereka mengumpulkan donasi dan memberikan bantuan kepada para korban bencana.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor, Irfan Darajat, mengatakan, organisasi yang dipimpinnya itu sudah melakukan berbagai hal dari mulai membantu korban bencana menyalurkan logistik dan yang lainnya.

“Sejak 2 Januari 2020 sampai sekarang, pengurus dan anggota Karang Taruna Kabupaten Bogor dari berbagai kecamatan dan desa desa bahu-membahu mengirimkan bantuan logistik berupa makanan, pakaian, tenda dan kebutuhan lainnya. Hal itu untuk meringankan beban para korban bencana di sekitar Kecamatan Sukajaya, Nanggung, Cigudeg dan Jasinga,” katanya.

Bantuan itu pun, langsung didistribusikan ke tiga posko utama tanggap bencana yang didirikan  Karang Taruna Kabupaten Bogor di sekitaran lokasi dekat bencana.

“Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari hari di lokasi pengungsian,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, dalam tanggap darurat kebencanaan di Kabupaten Bogor ini juga Karang Taruna aktif mendistribusikan bantuan logistik ke lokasi lokasi yang memang sulit dijangkau  kendaraan roda empat.

“Sulitnya medan dan rusaknya beberapa ruas jalan menuju lokasi bencana sangat menyulitkan para relawan mengirim bantuan. Kami bekerja sama dengan komunitas motor trail sejabotabek berjuang membuka jalan untuk menyalurkan logistik dari posko posko utama agar bias sampai ke lokasi terdampak,” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk saat ini Karang Taruna Kabupaten Bogor fokus kepada daerah yang terdampak cukup parah di, Desa Cisarua, Kecamatan Sukajaya. Sebab mengakibatkan hampir 30 rumah warga rusak parah dan memaksakan 257 jiwa mengungsi ke kantor desa setempat,  63 di antaranya balita dan dua ibu dalam keadaan hamil.

Karang Taruna kabupaten Bogor juga turut memberikan bantuan berupa satu unit genset listrik untuk penerangan, makanan siap saji, beras,sembako, pakaian dan lain lain. Bantuan lainnya berupa program recovery dengan membantu pengadaan MCK di lokasi pengungsian, kegiatan psikososial trauma healing untuk korban, dan membantu penanamaan ribuan pohon di lokasi longsor.

“Tentu saja kami tidak akan berhenti sampai disini, semampu dan sebisa mungkin kami akan terus membantu meringankan beban para korban hingga keadaan dan situasi kembali normal,” tukasnya. (bdn/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *