Lulusan SMK bakal Dicarikan Kerja

by -
PRAKTIK: Siswa SMK saat praktik di sekolah. Tahun ini Disnakertrans Kota Bogor bakal berkoordinasi dengan pelaku usaha agar lulusan SMK cepat mendapat pekerjaan sesuai keahliannya.

METROPOLITAN – Kabar gembira bagi lulusan SMK di Kota Bogor. Dalam waktu dekat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor akan didekatkan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Hal ini untuk mengantisipasi para lulusan SMK bisa memperoleh kesempatan kerja sesuai dengan keahliannya.

Kepala Disnakertrans Kota Bogor, Elia Buntang, mengaku sedang berupaya mencarikan solusi, bagaimana caranya para lulusan SMK khususnya SMK swasta, bisa bekerja di lingkungan perusahaan sesuai dengan keahliannya masing-masing.

“Kami tidak inhin lulusan SMK terkesan menjadi menjadi penyumbang pengangguran tertinggi,” katanya.

Elia mengaku akan mengundang beberapa perusahaan dengan pihak SMK untuk diajak duduk bersama.

“Kita akan koordinasikan, perusahaan itu butuh tenaga kerja seperti apa, berapa besar jumlah kebutuhan tenaga kerjanya dan bagaimana juga sistem ketenagakerjaannya. Jika sudah jelas, maka kita akan lakukan rekruitmen para lulusan SMK, sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja yang ada” ujar Elia.

Selama ini, kata Elia, belum pernah dilakukan korodinasi antara Disnaker, pihak SMK dengan pihak perusahaan. Sehingga sering kali para lulusan SMK, melamar pekerjaan bukan pada bidangnya, sehingga kerap kali mereka ditolak di perusahaan perusahaan.

“Kalau sudah ditolak karena tidak sesuai dengan bidang keahliannya, mau tidak mau akhirnya mereka jadi nganggur dan ini yang kita jaga,” tegasnya.

Ia menambahkan, program Disnakertrans Kota Bogor ini mengantisipasi ledakan pengangguran pasca kelulusan SMA dan SMK.

“Janganlah para siswa itu ditanya mau kerja dimana, tetapi tanyakan pada mereka mau kerja apa, kalau kerja apa, kan jawabannya pasti pekerjaan yang sesuai dengan keahlian siswa itu, makanya diharapkan SMK sudah menyediakan tenaga tenaga terampil dan terlatih sesuai dengan kebutuhan dunia usaha” papar mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini.

Menurut Elia, para lulusan SMK itu, harusnya bisa langsung diterima di tempat mereka magang,

“Siswa itu kan sudah melakukan magang atau mencari pengalaman kerja di perusahaan itu, harusnya setelah lulus mereka diterima kerja ditempat itu, tetapi karena jurusannya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, maka mereka setelah lulus tidak bisa bekerja disitu, inikan sangat disayangkan,” sesal Elia. (ber/ar/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *