Mayoritas Masyarakat Puas

by -17 views
KEGIATAN: SB IPB bersama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor usai konfrensi pers terkait survei kepuasan pelanggan pada 2019, kemarin.

METROPOLITAN – Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB IPB), bersama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor, menggelar konferensi pers kaitan survei kepuasan pelanggan di 2019.

 Manager Humas dan Pelayanan Pelanggan,R Poppi Rustanti, mengatakan, acara berlangsung di Gedung SB IPB tersebut, sebagai ajang evaluasi pihaknya dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.

Secara umum, survei kepuasan pelanggan ini dimaksudkan untuk mendapatkan dasar bahan pertimbangan dan acuan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan di masa mendatang.

Evaluasi dan masukan dari pelanggan, sambung Poppi, setidaknya memberikan gambaran kepadanya akan kebutuhan masyarakat Kota Bogor, terhadap pelayanan PDAM Tirta Pakuan.

‘Dengan begini kami  akan mudah mengambil langkah untuk memaksimalkan pelayanan,” kata Poppi.

Setidaknya, kegiatan ini memiliki empat tujuan. Diantaranya, identifikasi pelanggan, menjadi barometer pelayanan, mengtahui penilaian masyarakat akan kinerja PDAM, dan sebagai ajang masukan kepada PDAM untuk terus melakukan inovasi baru dalam pelayanan.

“Evaluasi ini secara umum untuk mengetahui, apa yang mesti dilakukan di tahun ini berdasarkan pengalaman kami di tahun kemarin. Ini semua demi meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat. Makannya kami melakukan survei kepuasan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Survei SB IPB, Prof.Dr. Noer Azam Achsani, mengatakan, secara umum teknik survei dilakukan  menggunakan Teknik Cluster Stratified ond Systematical Unproporsional Sampling, dengan 17 golongan tarif yang dimatrikskan dengan enam zona pengaliran sampling, yang jumlahnya mencapai 1996 orang responden.

Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif, yang digunakan untuk menganalisis karakteristik pelanggan.

“Berdasarkan hasil survey yang kami lakukan, dari segi kepuasan pelanggan berdasarkan pelayanan produk, dan pelayanan jasa yang dilakukan PDAM Kota Bogor memiliki nilai 74 persen. Artinya, dari segi pelayanan produk dan pelayanan jasa para pelanggan merasa puas,” tegasnya.

Meski begitu mendapatkan hasil gemilan dengan kategori ‘Puas’, sejumlah masukan juga perlu menjadi catatan bagi jajaran PDAM Kota Bogor, untuk terus meingkatkan kualitas pelayanannya, dimasa mendatang. Baik dari segi pelayanan produk dan pelayanan jasa.

“Seperti pengecekan lapangan, sumber daya air baik secara kualitas maupun kuantitas, sistem pengaliran air kepada para pelanggan, mengawasi pasokan air untuk pelanggan, hingga peningkatan fungsi pengawasan. Itu saja mungkin masukan dari masyarakat,” tandasnya. (ogi/c/yok)

Loading...