Menuju Tuan Rumah Terbaik Piala Dunia U-20 2021

by -

METROPOLITAN – Federasi Sepak Bola Tertinggi Dunia (FIFA) akhirnya merestui Stadion Pakansari, Cibinong, jadi salah satu dari enam venue pertandingan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Ditetapkannya stadion yang berdiri sejak 2014 itu tentu memperkuat tagline Kabupaten Bogor sebagai destinasi ‘Sport and Tourism’. Bupati Bogor Ade Yasin pun mengakui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan masyarakat siap menyambut gelaran sepak bola sejagat empat tahun sekali itu.

“Alhamdulillah, persiapan harus segera dilakukan karena ini hajat besar dan bergengsi. Tentu kita harus jadi tuan rumah yang baik dan berkelas. Berbagai persiapan pun akan segera kita lakukan, yakni penataan infrastruktur, penyediaan sarana prasarana pendukung, serta mempercantik kawasan Stadion Pakansari,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Setelah dipastikan jadi tuan rumah, AY, sapaan karibnya, meminta Pemkab Bogor harus memenuhi berbagai persyaratan dari FIFA, kaitan penyediaan sarana prasarana pendukung even. Di antaranya kaitan satu venue yang dipilih harus punya lima lapangan pendukung untuk latihan negara peserta Piala Dunia U-20.

“Nah, Kabupaten Bogor mesti punya lima lapangan pendukung untuk latihan. Sedangkan sekarang kita baru punya empat lapangan latihan. Kekurangannya nanti kami koordinasikan dengan (pemerintah, red) pusat, bisa soal anggaran dan lainnya. Termasuk koordiinasi dengan Kota Bogor, yang punya Stadion Pajajaran, bisa jadi alternatif buat jadi lapangan latihan yang representatif,” imbuhnya.

Wanita 51 tahun itu juga berharap terpilihnya Stadion Pakansari jadi venue Piala Dunia muda mampu menggenjot perekonomian masyarakat Bumi Tegar Beriman. Termasuk meningkatkan kunjungan dan okupansi wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Bogor.

“Selain itu, tentu saja dengan menjadi tuan rumah yang baik dan berkelas, meningkatkan pamor kita, Kabupaten Bogor, akan semakin dikenal dunia,” ujar AY.

Selain Stadion Pakansari, lima stadion lainnya yang kebagian jatah menggelar perhelatan olahraga bergengsi cabang olahraga sepak bola itu yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Dengan empat stadion cadangan yaitu, Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Patriot Candrabaga (Kota Bekasi), Stadion Jakabaring (Palembang) dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor Bambang Setiawan menuturkan, Stadion Pakansari akan mulai membenahi semua fasilitas di dalam dan di luar Stadion Pakansari, sesuai persyaratan yang ditetapkan dalam Piala Dunia U-20.

“Yang disarankan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) dan FIFA. Mulai arena luar yaitu Plaza Utara dan Plaza Selatan, apalagi di dalam Stadion Pakansari itu sendiri. Bupati Bogor Ade Yasin juga optimis sangat percaya diri dan sangat siap menjadi tuan rumah terbaik untuk World Cup U-20 tahun 2021,” tuntasnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *