MRT Fase II Bundaran HI-Harmoni Dibangun Tahun Ini

by -190 views

METROPOLITAN – Proyek pembangunan MRT Jakarta Fase II Koridor Selatan-Utara akan dikerjakan mulai tahun ini. Rencananya, rute yang akan dikerjakan itu dimulai dari Bundaran HI-Harmoni.

Menurut Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, rute Bundaran HI-Harmoni mulai dikerjakan lebih dulu pada Maret 2020.

“Kami memastikan sebentar lagi akan diumumkan pemenang lelangnya. Lalu pelaksanaannya akan dimulai Maret mendatang,”

Berikutnya yang saat ini sedang dalam tahap lelang adalah CP202 dan CP203. William memastikan sebentar lagi akan diumumkan pemenangnya.

“Progres fase II berjalan terus. Proses CP202 dan CP203 sedang lelang saat ini. Ini juga segera kita dapatkan dan umumkan pemenangnya,”

Dijelaksan William, keseluruhan pembangunan MRT fase II ini diprediksi menelan biaya hingga Rp22,5 triliun. Biaya tersebut lebih mahal ketimbang fase I, sebab banyak tantangan yang harus dihadapi pada jalur fase II ini.

“Karena seluruh jalur MRT Fase II akan dibangun di bawah tanah,”

MRT Fase II meliputi pembangunan tujuh stasiun di antaranya Stasiun Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok hingga Kota Tua. Pembangunan MRT Jakarta Fase II ditargetkan selesai pada 2023 mendatang.

“Kita harapkan jumlah penumpang meningkat tinggi, 200 ribu per hari. Jadi 2024 kita harapkan bisa dioperasikan sampai ke kota,” kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri.

Untuk jangka panjang MRT akan menambah rute dengan panjang mencapai 230 km pada 2030 mendatang. Rencana tersebut sudah masuk ke dalam Proyek Induk Perkeretaapian Provinsi (RIPP) DKI Jakarta.

Rute itu akan dibagi dalam 10 line. Yakni mulai Lebak Bulus-Ancol Barat, Cikarang-Balaraja, Bandara Soetta-Kampung Bandan, Cilincing-Lebak Bulus, Karawaci-Senayan-Cawang-Cikarang, Lebak Bulus-Rawa Buntu-Karawaci, Bekasi Utara-Bekasi Selatan, Pluit-Grogol-Kuningan-Depok, Outer loopline serta Inner loopline.(dtk/cnb/rez)

Loading...