Muncul Wacana Calon Ibu Kota Bogor Barat Dipindah dari Cigudeg

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus melakukan persiapan untuk pemekaran wilayah Bogor Barat. Belakangan, muncul wacana untuk memindahkan calon ibu kota Bogor Barat yang semula diputuskan berada di wilayah Kecamatan Cigudeg.

Wacana tersebut muncul usai wilayah Cigudeg dan sekitarnya digulung bencana, awal tahun lalu.

“Memang ada beberapa pertimbangan dari senior ya, termasuk yang di pusat. Karena dianggap labilnya tanah di Cigudeg, kenapa tidak cari alternatif lain, begitu,” kata Ade Yasin usai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor dalam rangka Penetapan Persetujuan Bersama Bupati dan Ketua DPRD tentang Daerah Persiapan Bogor Barat, Senin (20/1).

Meski demikian, wacana tersebut perlu dikaji terlebih dulu. Politisi PPP ini tak masalah lokasi calon ibu kota dipindah atau pun tetap seperti rencana awal.

“Mangga silakan dikaji, penentuannya perlu kajian. Tergantung mereka yang sepakat atau tidak. Tapi kalau pun tetap (di lokasi semula), ya nggak masalah,” terangnya.

Selain itu, Ade Yasin mengaku secara umum Daerah Otonomi Baru (DOB) Bogor Barat merupakan suatu kebutuhan dan keharusan. Mengingat, luasnya wilayah dan padatnya masyarakat Kabupaten Bogor.

Jika mengacu data dan fakta, rata-rata DOB yang ada di Jawa Barat pun berhasil, tak seperti daerah lain. Contohnya, keberhasilan DOB Pangandaran, Bandung Barat dan DOB Cimahi.

“Pangandaran, Bandung Barat, Cimahi berhasil semua. DOB Jawa Barat itu rata-rata berhasil, jadi jangan samakan kita dengan yang lain. Kabupaten Bogor ini daerahnya luas, jumlah penduduknya tinggi. Jadi saya rasa ini sangat urgent,” pungkas Ade Yasin. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *