Nasdem: Ada Potensi Konflik Kepentingan Yasonna di Kasus Harun Masiku

by -

METROPOLITAN  – Anggota Komisi III DPR Fraksi Nasdem, Taufik Basari, menilai ada potensi konflik kepentingan Yasonna Hamonangan Laoly sebagai menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia terkait kasus yang menjerat mantan caleg PDIP Harun Masiku.

“Memang saya melihat ada (potensi) konflik kepentingan ya, yang semestinya harus dijaga dalam rangka kita sama-sama mendukung penegakan hukum yang berjalan,” kata Taufik di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.

Ia menjelaskan, potensi konflik kepentingan itu khususnya terkait dengan tugas dan kewenangan diri Kementerian Hukum dan HAM khususnya dalam hal keimigrasian. Seharusnya dalam suatu perkara atau permasalahan, harus menempatkan diri.

“Saya melihat memang ada potensi, posisinya masih potensi konflik kepentingan itu yang pertama,” tutur Taufik.

Taufik menambahkan, keterangan dirjen Imigrasi soal keberadaan Harun juga harus ditelusuri dan diusut apakah memang ada kesengajaan ataukah ada kesalahan sistem atau persoalan administrasi.

“Tak boleh berhenti hanya mengoreksi keterangan atau informasi yang sempat disampaikan sebelumnya, tapi harus diusut siapa yang melakukan. Apakah ada perintah, atau memang hanya kesalahan manusia biasa dan sebagainya, itu harus clear, harus jelas sejelas-jelasnya,” ujar Taufik.

Loading...