Paripurna DPR Bahas Pengesahan RUU Omnibus Law Masuk Prolegnas 2020

by -

METROPOLITAN – Ketua DPR, Puan Maharani mengatakan siang ini akan dilaksanakan sidang paripurna untuk mengesahkan 50 RUU program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2020. Diantaranya masuk juga tiga RUU omnibus law.

“Termasuk dalam RUU baru yang akan dibahas adalah 3 RUU Omnibus Law yakni RUU Cipta Lapangan Kerja, RUU Perpajakan, dan RUU tentang Ibu Kota Negara,” kata Puan melalui keterangan tertulisnya, Rabu 22 Januari 2020.

Ia menambahkan sampai sekarang DPR belum menerima satu pun draft RUU Omnibus Law inisiatif dari pemerintah. Karena itu  DPR tidak bertanggung jawab dan tidak menanggapi draft RUU Omnibus (Cipta Lapangan Kerja) yang beredar di publik dimana sumbernya tidak jelas.

“DPR akan membahas RUU sesuai mekanisme yang ada. Bahwa RUU Omnibus Law masuk dalam daftar prioritas pembahasan, tentu akan menjadi fokus kerja Badan Legislasi,” kata Puan.

Ia juga memastikan DPR akan menerima masukan dari semua kelompok masyarakat sehingga pembahasan RUU Omnibus akan berlangsung secara komprehensif.

“Rapat Paripurna DPR hari ini juga mengagendakan pengesahan  sekaligus pengambilan sumpah anggota DPR RI  Pengganti Antar Waktu (PAW),” kata Puan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *