Pemkab Minta Camat Siapkan Lahan Hutap

by -4 views
RAPAT: Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin, saat memimpin rapat di Cigudeg untuk membahas hunian tetap bagi korban bencana.

METROPOLITAN –  CIGUDEG Pemerintah Kabupaten Bogor tengah mencari lahan untuk Hunian Sementara (Huntara) dan Hunian Tetap (Huntap) bagi pengungsi yang terkena dampak bencana alam di Kecamatan Nanggung, Sukajaya dan Cigudeg.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, selama masa perpanjangan masa tanggap darurat bencana, jajarannya menargetkan bisa mendapatkan lahan relokasi untuk Huntap.

Untuk itu, ia meminta kepada camat dan kepala Desa mencarikan lahan yang cocok untuk Hutap. Setelah lahannya ada, Bapeda dan tim Geologi bakal mengecek kondisi testur tanahnya.

“Kita tidak mau lahan yang bakal di jadikan Hutap rawan bencana, sehinga tim Geologi bakal mengecek kondisi lahan tersebut,” ujar  Burhanudin saat memimpin Rapat Validasi Data Kebencanaan Kecamatan Terdampak di Aula Kantor Kecamatan Cigudeg.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yani Hasan, menambahkan, saat ini para pengungsi tinggal di tenda- tenda pengungsian, gedung sekolah, ada juga yang tinggal di rumah keluarganya. Sebelum mereka menempati huntap, pemkab bakal menyiapkan huntara).

“Huntara bagi pengungsi nantinya tidak ditempatkan di satu titik. Tapi mereka bisa ngontrak rumah atau majelis taklim,” katanya.

Bagi pengungsi yang tinggal di gedung SD, SMP,  tidak bisa selamanya bisa menetap. Sebab nantinya ada aktivitas belajar mengajar siswa. Nantinya, pengungsi yang tinggal di gedung sekolah bakal di buatkan tenda khusus di halaman atau lapangan sekolah tersebut, lengkap dengan fasilitas WC umum.

“Karena perlu ada sekat supaya tidak ada penularan penyakit antara pengungsi dengan peserta didik,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, ada sepuluh gedung sekolah yang digunakan sebagai tempat pengungsian. Di Kecamatan Sukajaya ada lima sekolah menjadi lokasi pengungsian. Yakni, SDN Cileuksa 01, SDN Cileuksa 03, SDN Cipayung 01, SDN Cipatat dan SDN Sukajaya 03. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *