Penanggulangan Bencana, Dewan Minta Pemkab Maksimalkan Anggaran

by -

METROPOLITAN.ID – Sekretaris Komisi II DPRD, Lukmanudin Ar Rasyid meminta Pemkab Bogor segera mengalokasikan angggaran yang maksimal untuk penanggulangan bencana, termasuk menambah Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kabupaten Bogor sangat luas, kita berharap BPBD jangan sampai kekurangan personel dalam penanggulangan bencana yang tidak pernah kita prediksi waktu dan kejadiannya,” kata Wakil Ketua Fraksi Partai Kesatuan Bangsa itu.

Lukmanudin yang juga tercatat sebagai Ketua Umum PJSI kabupaten Bogor menilai, sudah sewajarnya jika Pemkab Bogor memberikan alokasi anggaran yang maksimal kepada beberapa dinas yang memang ada kaitan dengan kejadian bencana alama .

 

Lukmanudin Ar Rasyid

“Perencanaan anggaran untuk kebutuhan penanggulangan bencana alam itu tidak bisa dihitung secara mudah. Karena kita tidak tahu skala bencana yang akan terjadi . Apalagi luas wilayah Kabupaten Bogor yang luas dan ada beberapa daerah yang memang berada di zona merah bencana alam seperti longsor,pergerakan tanah dan banjir,” tegas Lukmannudin.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Andi Permana meminta semua SKPD terkait harus pro aktif dalam menyikapi musibah bencana di awal tahun yang menimpa beberapa desa di Kabupaten Bogor .

“Semua harus all out dan terjun ke lokasi untuk mendata dan melakukan evakuasi warga terdampak bencana di wilayahnya . Berikan pelayanan yang maksimal kepada semua korban bencana,” tegas Andi Permana

Lebih lanjut, kata Andi, Diskominfo juga harus jadi ujung tombak dalam informasi atau pendataan korban bencana dan seputar perkembangan di lokasi bencana .

“ Diskominfo bersama elemen lain, harus berada dalam satu posko untuk memberikan informasi kepada media dan publik terkait semua informasi bencana ,” pungkas Andi Permana. (suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *