Petugas Bangun Jembatan Darurat

by -
MEMPRIHATINKAN: Petugas kepolisian menggendong bocah untuk menyeberang Sungai Cidurian, kemarin.

METROPOLITAN – Banjir bandang yang melanda Desa Sukamaju, di Kecamatan Cigudeg, membuat salah satu jembatan terputus. Jembatan yang membentang di atas aliran Sungai Cidurian hancur seketika, terbawa derasnya aliran sungai Senin (01/01) lalu. Jembatan yang menghubungkan tiga kampung di Desa Sukamaju tersebut tak bisa dilintasi, yang membuat aktivitas warga lumpuh.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), berserta Polres dan Kodim 0621 Kabupaten Bogor bergerak cepat, untuk membanahi salah satu sarana vital milik warga sekitar tersebut. Sekitar pukul 14:00 WIB, pihak terkait yang dibantu warga sekitar berhasil membuat jembatan darurat sementara, sebagai salah satu akses warga.

“Alhamdulilah, jembatan darurat ini sudah bisa dilewati warga, walau dengan materi seadanya, yang penting warga ada akses sementara dahulu. Soalnya jembatan ini menghubungkan tiga kampung, yang ada di Desa Sukamaju,” kata Ketua Karang Taruna Desa Cigudeg, Aditya, yang kebetulan tengah berada tak jauh di lokasi.

Adit bercerita jembatan darurat baru bisa dibangun, saat kondisi aliran Sungai Cidurian tengah tenang. Memang aliran sungai terbilang cukup deras sejak kemarin, dan mulai tenang pada Kamis (02/01) sekitar pukul 07:00 WIB.

“Dari kemarin malam hingga subuh alirannya cukup deras, tap sekarang sudah mulai tenang, makannya jembatan ini bisa dibangun,” ucapanya.

Kapolsek Cigudeg, Kompol, Bektiyana, menejelaskan, meski jembatan darurat sudah didirikan untuk masyarakta, pihaknya tetap meminta agar warga tidak menggunakan jembatan tersebut secara sembarang.

“Kita kan tidak pernah tahu cuaca di hulu seperti apa, makannya kami minta agar warga berhati-hati saat melintasi jembatan ini,” ujarnya.

Dirinya juga mengaku sangat berterimakasih kepada Polres Bogor, Kodim 0621, Polda Jawa Barat, dan semua pihak yang ikut terlibat dalam evakuasi ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semuanya sudah membantu melakukan evakuasi ini. Saya minta kepada warga agar tidak panik, tetap tenang dan bersabar dalam mengadapi ujian ini,” pesannya.

Sekedar di ketahui, Sungai Cidurian merupakan sungai yang mengalir dari Kecamatan Jasinga dan Cigudeg. Sungai tersebut juga melintasi tiga kampung yang ada di Desa Sukamaju. Yakni, Kampung Ciasahan, Kampung Cilame, Kampung Cigowong. (ogi/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *