Proyek Renovasi Stadion Pakansari sampai Rp26 M

by -
RENOVASI: Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, segera dipercantik untuk menyambut Piala Dunia U-20 2021.

METROPOLITAN – Kabupaten Bogor terpilih menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi World Cup 2021. Ya, Stadion Pakansari bersama Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Manahan, Stadion Mandala Krida, Stadion Bung Tomo dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, terpilih sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-20.

Setelah instruksi presiden (inpres) terbit dan dipastikan terpilih, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor pun langsung menyiapkan lelang proyek renovasi Kompleks Stadion Pakansari dan Stadion Mini Persikabo dengan nilai Rp26 miliar.

”Anggaran sebesar Rp26 miliar itu untuk merenovasi Stadion Pakansari dan Stadion Mini Persikabo, mulai dari perbaikan plaza utara, perbaikan plaza selatan, pengecatan pagar, pembangunan jacuzi, pengecatan gedung, pembelian sound system, penomoran kursi, penambahan lampu, perbaikan toilet, pembangunan lift, perawatan rumput lapangan dan lainnya. Proyek renovasi ini akan segera dilelang,” ujar Kepala Dispora Kabupaten Bogor Bambang Setiawan, Senin (27/1).

Mantan camat Ciawi itu menambahkan, dengan direhabilitasinya Stadion Pakansari tersebut maka stadion kebanggaan masyarakat Bogor ini akan semakin berkelas internasional.

”Pembangunan lift itu agar penyandang disabilitas bisa menonton tanpa harus menaiki tangga. Selain itu, dengan penambahan atau peningkatan sarana prasarana Stadion Pakansari maka akan menegaskan bahwa stadion berkapasitas 31.400 jiwa penonton ini sudah berstandar internasional,” tambahnya.

Bambang menjelaskan, jika anggaran Rp26 miliar terasa kurang maka proyek renovasi Stadion Pakansari akan dipecah pekerjaannya.

Dispora pun siap mengajukan tambahan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah-Perubahan (APBD-P).

”Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor siap menambah tambahan dana di APBD-P. Ataupun kalau tidak, kita pasti akan mendapatkan bantuan keuangan dari pemerintah pusat ataupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). Karena bagaimanapun selain ini even pemerintah pusat, dengan adanya ajang World Cup U-20 ini juga ajang mempromosikan potensi Kabupaten Bogor maupun Jabar,” jelas Bambang. (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *