Puluhan Calon Perangkat Desa Jalani Uji Kompetensi

by -
SERIUS: Puluhan calon perangkat desa serius mengerjakan soal uji kompetensi di aula kantor Kecamatan Cijeruk, kemarin. Mereka yang lolos ujian tertulis dan wawancara akan direkomendasikan camat menempatkan di kantor desa yang mengusulkan penambahan pegawai.

METROPOLITAN – CIJERUK  Lebih dari 30 calon perangkat desa melaksanakan uji kompentesi di aula kantor Kecamatan Cijeruk, kemarin. Hal ini bertujuan agar perangkat desa bisa bekerja lebih baik dan berkualitas sehingga roda pemerintahan berjalan baik. Selain itu, tes ini juga sesuai dengan peraturan bupati.

Menurut Ketua Panitia Uji Kompentensi, RE Irwan Somantri, uji kompetensi ini berlangsung satu hari penuh. Peserta harus menjalani ujian tes tertulis dan wawancara terkait pemerintahan desa.

“Mereka diuji karena ada beberapa kepala desa mengusulkan permohonan rekomendasi ke kecamatan mengenai perangkat desa yang baru. Walaupun bupati telah mengintruksikan agar perangkat desa tidak diganti, namun karena kekosongan maka perlu adanya perangkat desa yang baru,” ujar sekretaris camat Cijeruk ini.

Kepala desa (kades) yang mengusulkan itu dari Desa Tajurhalang, Palasari, Cijeruk, Sukaharja dan Cipicung. Sesuai Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Perbup Nomor 6 Tahun 2018 tentang pengangkatan perangkat desa, kades dapat mengangkat perangkat desa setelah adanya rekomendasi camat.

“Rekomendasi camat ini menjadi dasar kades mengeluarkan Surat Keputusan( SK) kepada perangkat desa yang baru. Selanjutnya tersurat dan tersirat ada persyaratan umur, harus memahami tentang administrasi desa.Diadakannya uji kompetensi ini isinya juga tidak jauh dari pemerintahan desa,” ucapnya.

Irwan menambahkan, lewat ujian ini Pemerintah Kecamatan Cijeruk ingin mendapat perangkat desa berkualitas dan mampu mengerjakan segala macam administrasi pemerintahan desa.

“Ke depannya pemerintah desa lebih maju lagi, baik IT-nya ataupun dalam mengurus pelaporan yang dibutuhkanh pemerintah demi kesejahteraan masyarakat,” paparnya. (nto/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *