Rapim TNI 2020, Jadi Ajang Pengenalan Sejumlah Organisasi Baru

by -

 METROPOLITAN – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membuka Rapat Pimpinan TNI di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 29 Januari 2020. Dalam Rapim TNI ini, tema yang diambil adalah membangun TNI yang kuat unggul maju dan mandiri guna keberhasilan pelaksanaan tugas pokok.

Hadi mengatakan, dalam rapim TNI 2020 ini akan dibahas pencapaian 2019 dan juga sejumlah kekurangan yang perlu segera dibenahi, kemudian juga akan ada penyampaian rencana Program kerja pada anggaran tahun 2020 dan menyampaikan pokok-pokok kebijakan Panglima TNI tahun 2020.

Dalam Rapim TNI ini akan hadir Menteri PPN Kepala Bappenas, Menteri Keuangan dan Ketua BPK RI sebagai narasumber.

“Pada kegiatan ini juga akan dilakukan Olah Yudha (simulasi operasi) sebagai tindak lanjut pengembangan organisasi TNI antara lain Kogabwilhan, Koopsus TNI, Pusat Info Maritim TNI, Satuan Siber TNI, dan Satuan TNI Terintegrasi, ” kata Hadi di Mabes TNI Cilangkap, Rabu 29 Januari 2020.

Adanya berbagai organisasi baru yang dibentuk sebagai upaya TNI untuk lebih efektif menjaga pertahanan negara. Selain itu, berbagai satuan yang dibentuk itu juga akan digunakan sebagai upaya penanggulangan teroris.

“Tantangan bagi TNI akan menjadikan lebih maju untuk mengimplementasikan perannya sebagai komponen utama pertahanan negara. Berbagai organisasi baru yang telah dibentuk adalah sebagai upaya TNI untuk lebih mengefektifkan dan mengefisienkan dalam operasi TNI di seluruh wilayah NKRI, serta meningkatkan peran serta TNI dalam penanggulangan terorisme di Indonesia,” ujar Hadi

Dalam Rapim ini juga dimanfaatkan untuk menyampaikan gagasan-gagasan yang cepat, menyamakan persepsi dan memantapkan soliditas dan profesionalitas TNI. Hadi berharap dalam Rapim TNI 2020 ini, apa yang masih kurang baik di 2019 dapat diperbaiki dan menjadi lebih maksimal lagi kedepannya.

“Saya kembali mengingatkan bahwa rapim TNI bukan hanya sekadar ritual atau rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun tanpa makna dan output yang jelas,” ujarnya

Rapim TNI tahun 2020 diikuti oleh 269 peserta terdiri dari 4 Pimpinan TNI,  58 Pejabat Mabes TNI, 44 TNI AD, 42 TNI AL, 28 TNI AU, 78 Pejabat Non Struktural TNI dan 15 perwakilan Kolonel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *