Rumah Belajar, Bimbel Online Gratis Buatan Kemendikbud

by -51 views
BANTU SISWA: Sejak 2019, Kemendikbud memiliki situs bimbel online yang bisa diakses secara gratis bernama Rumah Belajar. Situs ini dianggap membantu siswa dalam belajar.

METROPOLITAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ternyata memiliki bimbingan belajar (bimbel) secara online dan gratis. Bimbel online ini bisa diakes di situs resmi belajar.kemdikbud.go.id. Fasilitas bimbel online ini dinamakan Rumah Belajar. Berdasarkan pantauan, bimbel online ini memiliki empat fitur, terdiri dari Kelas Digital, Laboratorium Maya, Bank Soal, dan Sumber Belajar.

Bagi masyarakat yang ingin mengakses laman tersebut, khusus fitur Kelas Digital diharuskan mendaftar terlebih dahulu dan wajib mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Sedangkan untuk ketiga fitur lainnya bisa diakses tanpa perlu mendaftar.

“Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD], Sekolah Dasar [SD], Sekolah Menengah Pertama [SMP], Sekolah Menengah Atas/Kejuruan [SMA/SMK] sederajat,” demikian bunyi keterangan dalam situs tersebut.

Hingga Kamis (16/1), sudah ada 228.763 guru dan 562.346 siswa yang bergabung di Rumah Belajar. Salah satu siswa yang mengikuti bimbel online ini, Azidni Taftazani Arif, mengatakan dengan adanya Rumah Belajar ini semua menjadi mudah.

“Lewat HP, saya bisa memanfaatkan Rumah Belajar untuk mengerjakan tugas-tugas dari guru, semua menjadi mudah, karena HP tidak hanya untuk telepon dan kirim pesan, tapi bisa juga untuk belajar,” tulis siswi SD Muhammadiyah 10 Surabaya ini di kolom testimoni.

Sementara itu, seorang guru SD bernama Hera Wahyuning Tyas, mengatakan dengan belajar melalui Rumah Belajar, pembelajaran menjadi lebih menarik.

“Dengan belajar di Rumah Belajar Kemendikbud, pembelajaran lebih menarik begitu pula dengan anak-anak. Karena rumah belajar Kemendikbud menyajikan materi-materi pembelajaran berbasis IT, itulah ketertarikan anak-anak,” jelasnya. (rol/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *